Your browser does not support JavaScript!
Bisa Jadi Kamu Adalah Korban Gaslighting
Bisa Jadi Kamu adalah Korban Gaslighting

Waspada bentuk kekerasan yang menyerang kesehatan jiwa, yang dilakukan pasangan kamu! Bisa jadi kamu sedang menjadi korban Gaslighting.

Dilansir dari laman Verywell Mind, Gaslight merupakan sebuah bentuk dari aksi manipulasi yang bersifat menyakiti di dalam suatu hubungan. Pada umumnya, Gaslighting berkaitan dengan suatu bentuk kekerasan yang dilakukan oleh lawan pasangan yang menyerang kesehatan jiwa.

Dalam penelitian Paige L. Sweet, The Sociology of Gaslighting, korban dari Gaslight biasanya cenderung meliputi kaum wanita ketimbang pria. Dikatakan demikian lantaran wanita cenderung lebih menggunakan perasaan mereka ketimbang pemikiran atau logika yang rasional. 

Pada awalnya mungkin kamu akan merasa Gaslighting ini sebagai hal yang normal, namun nyatanya masalah ini bukanlah masalah yang patut dibiarkan. 

Seperti apa sih tanda kalau kamu sedang menjadi korban dari Gaslighting? 

  • Sering diacuhkan
    Merasa diacuhkan sesekali mungkin merupakan hal yang wajar untuk dialami sebagian orang. Namun, apakah wajar apabila kamu merasa diacuhkan oleh pasangan setiap saat? Hal tersebut tentu bukanlah hal wajar.

    Jika omongan kamu seringkali diremehkan oleh pasangan kamu, maka tandanya kamu menjadi salah satu korban dari Gaslight.
     
  • Merasa serba salah
    Tanda lain kalau kamu menjadi korban dari pelaku Gaslight adalah kamu sering merasa serba salah. Kamu akan merasa bahwa tindakan kamu seakan-akan selalu tidak pernah cukup di mata pasangan kamu. Kamu akan terus berusaha untuk menjadi lebih dan lebih demi mengisi kebutuhan ego pasangan kamu.

    Meski berusaha semaksimal mungkin, kamu akan tetap merasa bahwa usaha yang telah dilakukan masih belum cukup untuk memuaskan pasangan kamu.

  • Takut untuk bersuara
    Para pelaku Gaslight kerap kali menyalahkan kamu atas hal yang jarang kamu bicarakan. Anehnya, mereka pula yang membuat kamu untuk tidak membicarakan hal-hal tersebut.

    Ya, kamu mungkin pernah membuka suara kamu kepada pasangan kamu yang juga pelaku Gaslight ini guna menjadi terbuka dengannya. Namun sayangnya, suara yang kamu utarakan itu hanya akan berujung pada penghakiman dari para pelaku Gaslight, sehingga kamu akan merasa ketakutan untuk membuka suara. 

  • Pasangan tak minta maaf
    Membuat kesalahan merupakan hal yang lumrah bagi seluruh manusia. Ketika melakukan kesalahan, tentu hal yang harus kamu lakukan adalah meminta maaf. Namun hal tersebut tak berlaku untuk para pelaku Gaslight.

    Para pelaku Gaslighting jarang sekali menerapkan sistem permintaan maaf seusai melakukan kesalahan. Justru, mereka akan menyalahkan kamu seolah-olah kamu lah penyebab dari inti masalah tersebut.

    Kamu juga cenderung akan merasa berkewajiban untuk meminta maaf atas kesalahan yang kamu tidak buat.
     
  • Meragukan diri sendiri
    Para pelaku Gaslight dikenal dengan perbuatannya yang akan membuat kamu meragukan diri kamu sendiri. Ya, kamu akan meragukan diri kamu sendiri walau kenyataannya tidak ada hal yang perlu kamu ragukan. 

  • Sulit menjadi diri sendiri 
    Tanda bahwa kamu adalah korban dari Gaslighting adalah bahwa kamu akan sangat sulit untuk menjadi diri kamu. Para pelaku Gaslight cenderung akan mengontrol kamu, mulai dari sikap hingga tingkah laku kamu. Mereka akan mengubah kamu menjadi seseorang yang mereka sukai, sekalipun hal tersebut berbanding terbalik dengan yang biasanya kamu lakukan.

  • Kamu membela sikap pasanganmu
    Dalam hubungan, tentu kamu akan menceritakan suka duka hubungan kamu dengan teman atau keluarga terdekat. Kamu mungkin merasa bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh pasangan kamu memang tidaklah wajar.

    Meski demikian, kamu akan tetap membela pasangan kamu di depan teman dan keluarga terdekatmu. 

    Jika beberapa tanda itu ada pada diri kamu, jangan sungkan cerita ke teman terdekat atau orang yang kamu percaya ya!
Edwin Suryana
Sep 15  -  4 min read