Your browser does not support JavaScript!
Bikin Anak Lebih Percaya Diri, Begini Caranya!
Bikin Anak Lebih Percaya Diri, Begini Caranya!

Anda tentunya ingin yang terbaik bagi anak anda, termasuk bagi putri anda. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, keadaan sosial masyarakat pun memiliki standar yang berbeda dan lebih tinggi. Membuat anak anda tetap percaya diri, mandiri, dan bijaksana merupakan salah satu cara agar anak anda tetap dapat mengikuti perkembangan zaman. Di bawah ini terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan oleh para orang tua untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri pada anak anda.

Kenali Anak Anda

Setiap anak memiliki caranya sendiri untuk menunjukkan tingkat kepercayaan dirinya. Para ahli mengatakan bahwa beberapa anak perempuan yang percaya diri cenderung bersikap lebih sombong.

Seorang ahli di Amerika mengatakan bahwa rasa percaya diri pada anak biasanya mulai menghilang saat anak memasuki usia dewasa. Pada saat anak mencapai usia pubertas, saat inilah anak mulai memperhatikan penampilannya.

Berikan Perhatian

Memberikan perhatian pada anak anda merupakan salah satu cara menunjukkan dukungan pada anak anda, akan tetapi jangan berlebihan. Perhatian yang berlebihan justru dapat membuat anak anda semakin tertekan.

Perubahan lingkungan dan bentuk tubuh dapat menjadi hal yang sangat mempengaruhi kehidupan anak remaja anda. Ceritakanlah berbagai pengalaman anda untuk menunjukkan pada anak anda bahwa mereka bukanlah yang pertama kali mengalaminya dan bukan satu-satunya yang mengalami hal tersebut.

Berikan Pujian

Pujian merupakan sebuah pisau bermata dua. Bila anda melakukannya dengan tepat, maka anda dapat membuat anda lebih percaya diri dan berusaha lebih baik. Akan tetapi, bila anda melakukannya dengan kurang tepat, maka hal ini justru dapat membuat anda semakin tertekan.

Jangan memfokuskan pujian anda pada bagaimana penampilan anak anda, fokuskanlah pada kinerja anak anda. Pujilah anak anda akan usaha mereka bukan pada bagaimana hasil akhirnya.

Dukung Anak Anda

Seringkali para remaja bersikap dan mengatakan bahwa mereka tidak memerlukan orang tuanya. Akan tetapi, justru di saat seperti inilah anak anda justru sangat memerlukan dukungan anda.

Mendengarkan berbagai keluh kesah dan cerita anak anda dapat membantu anak anda dan hal ini juga dapat membangun suatu hubungan komunikasi yang lebih baik dengan anak anda. Jangan mencoba untuk memperbaiki segala sesuatunya, mendengarkan keluhan anak anda bukan berarti anda tidak membantunya. Hal ini justru mungkin menjadi bantuan terbesar bagi anak anda.

Cobalah untuk lebih memahami berbagai kegiatan atau aktivitas yang disukai oleh anak anda. Hal ini membuat anak anda merasa bahwa anda menghargai apa yang mereka sukai dan dapat membuat hubungan anda dan anak anda lebih dekat.

Bersabarlah

Membesarkan anak agar menjadi seorang dewasa yang percaya diri dan dapat menghadapi berbagai hal merupakan suatu proses panjang, bahkan mungkin seumur hidup. Dibutuhkan kesabaran dan kerja keras lebih.

sumber : webmd

Dec 02  -  3 min read