Your browser does not support JavaScript!
Berbagai Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil 1 Bulan
Berbagai Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil 1 Bulan

Karena bulan pertama kehamilan biasanya tidak diketahui oleh para calon ibu, maka banyak sekali makanan yang tidak boleh dimakan pada bulan pertama kehamilan justru tidak sengaja termakan. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang melakukan program kehamilan, dianjurkan untuk menghindari beberapa makanan di bawah ini.

 

Baca juga: Tips Untuk Menjaga Berat Badan Tetap Sehat Saat Hamil

 

Makanan Pemicu Kontraksi Rahim

Ibu Anda mungkin sudah mengingatkan Anda untuk menghindari beberapa jenis makanan yang telah diketahui dapat meningkatkan resiko terjadinya keguguran seperti nanas, licorice, dan pepaya mentah pada awal masa kehamilan. Ketiga jenis makanan ini memang dapat memicu terjadinya kontraksi rahim, yang dapat menyebabkan keguguran dan kram perut hebat.

 

Seafood

Seafood juga sebaiknya dihindari pada awal masa kehamilan karena seafood biasanya mengandung banyak metil merkuri, yang berbahaya bagi perkembangan bayi Anda. Jika Anda ingin mengkonsumsi seafood, pilihlah ikan air tawar.

 

Keju Lunak

Hindarilah semua jenis keju lunak karena sebagian besar keju ini dibuat dari susu yang tidak dipasteurisasi, yang dapat mengandung racun dan bakteri berbahaya lainnya. Selain itu, keju lunak juga mengandung gas, yang dapat membuat perut Anda semakin terasa tidak nyaman.

 

Makanan Olahan

Bagi para ibu yang usia kehamilannya baru mencapai 1 bulan, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan olahan seperti jus buah, susu kental manis, dan sebagainya karena berbagai makanan ini mungkin mengandung bakteri penyebab penyakit. Pilihlah jus yang terbuat dari buah segar.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: momjunction

Eko Siswanto
Jan 12  -  2 min read