Your browser does not support JavaScript!
Berbagai Cara Mengatasi Mimpi Buruk
Berbagai Cara Mengatasi Mimpi Buruk

Jika mimpi buruk Anda bukanlah suatu gejala penyakit lainnya, maka terdapat beberapa terapi yang dapat membantu Anda menghentikan mimpi buruk Anda tersebut.

 

  • Hipnosis

Pada terapi hipnosis, Anda akan dibawa masuk ke dalam suatu fase hipnosis oleh seorang terapis hipnosis. Pada keadaan inilah terapis akan memasukkan suatu sugesti untuk membentuk ulang mimpi Anda. Kemudian, Anda akan diminta untuk memberitahu diri Anda sendiri bahwa tidak ada hal buruk yang terjadi saat Anda mengalami mimpi buruk, begitu pula di masa mendatang.

 

  • Imagery Reversal Therapy (IRT)

Pada terapi IRT, Anda diminta untuk menghadapi berbagai gambaran menakutkan di dalam mimpi buruk Anda di suatu tempat yang aman, misalnya seperti kantor terapis. Anda dapat menggambarkan atau menuliskan tentang berbagai hal menakutkan yang ada di dalam mimpi Anda. Kemudian Anda akan diminta untuk menghadapi berbagai hal menakutkan tersebut. 

Setelah itu, Anda akan diminta untuk menggambarkan kembali atau menuliskan kembali hal menakutkan tersebut dan membuatnya menjadi tidak terlalu menakutkan. Misalkan bila Anda diikuti oleh seseorang di dalam mimpi Anda, maka Anda akan diminta untuk berpikir bahwa ia mungkin sedang berusaha untuk memberi Anda hadiah dan sebagainya. Akan tetapi, Anda mungkin harus melakukan hal ini selama beberapa minggu untuk merasakan efeknya.

 

  • Obat-obatan

Jika mimpi buruk yang Anda alami sangat berat dikarenakan adanya gangguan stress paska trauma, maka Anda mungkin dapat menggunakan obat-obatan untuk mengatasinya. Sebuah penelitian di Amerika menemukan bahwa prazosin merupakan obat yang cukup efektif untuk mengatasi mimpi buruk berat yang sering terjadi dan menyebabkan gangguan tidur.

 

Sumber: huffingtonpost

Editor Dokter.id
Jun 27  -  2 min read