Your browser does not support JavaScript!
Berapa Banyak Protein Dalam Telur Rebus?
Berapa Banyak Protein Dalam Telur Rebus?

Sebutir telur rebus yang berukuran besar hanya mengandung 78 kalori, serta mengandung vitamin A dan vitamin B kompleks. Merebus telur tidak menambahkan jumlah lemak di dalamnya. Telur merupakan sumber protein yang baik. Akan tetapi, perlu diingat bahwa telur tidak mengandung karbohidrat dan mengandung banyak kolesterol.

Protein berfungsi untuk membentuk struktur sel, membentuk dan memperbaiki jaringan, dan diperlukan untuk berbagai proses lainnya bagi kesehatan anda, seperti hormon, enzim, dan hemoglobin.

Saat dicerna, protein akan dipecah menjadi asam amino, yang kemudian akan digunakan oleh tubuh untuk membentuk berbagai protein khusus yang diperlukan tubuh. Mengkonsumsi protein setiap harinya sangat penting karena tubuh anda tidak dapat menyimpan dan membentuk asam amino.

Dosis Harian Protein
Pria harus mengkonsumsi 56 gram protein setiap harinya dan wanita harus mengkonsumsi 46 gram protein setiap harinya. Atlet dan orang-orang yang harus melakukan berbagai olahraga berat membutuhkan lebih banyak protein. Jumlah protein yang harus dikonsumsi oleh atlet setiap harinya adalah 1.2-2 gram protein untuk setiap 1.1 kg berat badan, tergantung pada seberapa berat latihan yang dilakukan. Jumlah protein yang dibutuhkan setiap harinya dapat bervariasi, tergantung pada keadaan kesehatan anda.

Protein di Dalam Telur
Telur merupakan sumber protein yang baik dan mengandung semua jenis asam amino esensial yang dibutuhkan. Satu butir telur rebus mengandung 6.29 gram protein, sehingga dapat memenuhi 11% kebutuhan protein harian pria dan 14% kebutuhan protein harian wanita.

Pada telur yang besar, sekitar 43% protein ditemukan pada kuning telur, tergantung pada ukuran kuning telur. Bila anda hanya mengkonsumsi putih telur, maka anda hanya memperoleh setengah dari total protein di dalam telur.

Satu hal yang perlu diingat adalah telur juga tinggi kolesterol. Jika anda merupakan orang yang sehat, batasi konsumsi kolesterol harian anda hingga 300 mg atau kurang. Sebutir telur rebus yang besar mengandung 186 mg kolesterol.

Jika anda memiliki gangguan jantung dan pembuluh darah atau memiliki kadar kolesterol yang tinggi, maka batasi konsumsi kolesterol harian anda hingga 200 mg.

Konsumsi lemak total anda setiap harinya seharusnya tidak lebih dari 25-35% total kalori harian anda, di mana lemak jenuh tidak lebih dari 7%. Sebutir telur rebus mengandung 5.3 gram lemak dan 1.63 gram lemak jenuh, yang berarti 47.7 kalori yang berasal dari lemak dan 14.7 kalori yang berasal dari lemak jenuh.

Sumber: healthyeating.sfgate

Aug 15  -  2 min read