Your browser does not support JavaScript!
Benarkah Konsumsi Anggur (wine) Dapat Membantu Mengatasi Jerawat?
Benarkah Konsumsi Anggur (Wine) Dapat Membantu Mengatasi Jerawat?

Telah terdapat banyak penelitian mengenai berbagai manfaat wine bagi kesehatan, mulai dari membantu menurunkan resiko terjadinya stroke hingga membantu meningkatkan kualitas sperma. 

Sebuah penelitian baru mengenai wine menemukan manfaat lainnya dari minuman berbahan dasar anggur ini yaitu mampu membantu mengatasi jerawat.

Pada penelitian ini, para peneliti meneliti apakah resveratrol, antioksidan utama yang terdapat di dalam anggur merah cukup efektif untuk mengatasi jerawat. Hal ini dikarenakan resveratrol memiliki zat antimicrobial yang dapat membantu melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat.

Para peneliti kemudian menginkubasi sejumlah Propionibacterium acnes, bakteri penyebab jerawat, bersamaan dengan sejumlah resveratrol dan benzoil peroksida. 

Para peneliti menemukan bahwa resveratrol dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam jangka waktu lama, sementara itu benzoil peroksida dapat membunuh bakteri dalam jangka waktu singkat. Oleh karena itu, para peneliti kemudian menyimpulkan bahwa kombinasi keduanya mungkin dapat menjadi salah satu cara pengobatan jerawat.

 

 

Sumber: womenshealthmag

Editor Dokter.id
Oct 31  -  1 min read