Your browser does not support JavaScript!
Benarkah Gaya Berjalan Dapat Mempengaruhi Mood Seseorang?
Benarkah Gaya Berjalan Dapat Mempengaruhi Mood Seseorang?

Berdasarkan sebuah penelitian baru, gaya atau cara Anda berjalan ternyata juga dapat mempengaruhi mood Anda.

Berbagai penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa seorang penderita depresi memiliki gaya berjalan yang berbeda dengan orang yang bahagia.

Pada penelitian ini, para peneliti menunjukkan sebuah daftar kata-kata positif dan negatif pada setiap peserta penelitian. Kata-kata tersebut adalah “cantik” dan “takut”. Para peneliti kemudian meminta para peserta penelitian untuk berjalan di atas treadmill, baik dengan gaya berjalan seorang penderita depresi (bahu turun dan ayunan lengan minimal) maupun dengan gaya berjalan orang yang sedang berbahagia.

Setelah mereka selesai berjalan di atas treadmill, para peneliti pun meminta para peserta penelitian untuk mengingat kembali kata-kata yang telah ditunjukkan pada mereka sebelum mereka mulai berjalan.

Para peneliti kemudian menemukan bahwa peserta penelitian yang berjalan dengan gaya berjalan seorang penderita depresi mengingat lebih banyak kata-kata negatif dibandingkan dengan orang yang berjalan dengan gaya berjalan orang yang sedang merasa bahagia.

Walaupun penelitian ini berhasil menemukan adanya hubungan antara gaya berjalan dan mood seseorang, akan tetapi penelitian ini tidak menunjukkan adanya hubungan sebab dan akibat.

 

 

Sumber: newsmaxhealth

Editor Dokter.id
Dec 03  -  1 min read