Your browser does not support JavaScript!
Benarkah Anda Mengalami Reaksi Alergi Karena Penisilin?
Benarkah Anda Mengalami Reaksi Alergi Karena Penisilin?

Pada berbagai penelitian, sebagian besar orang yang mengaku menderita alergi terhadap penisilin, sejenis antibiotika, ternyata tidak menunjukkan tanda alergi apapun pada saat dilakukan pemeriksaan uji kulit.

Walaupun banyak orang Amerika mengaku menderita alergi terhadap penisilin, sebuah penelitian baru menemukan bahwa ternyata sebagian besar dari mereka salah mengira.

Melalui pemeriksaan lanjutan, para peneliti menemukan bahwa sebagian besar orang yang mengira dirinya menderita alergi terhadap penisilin, ternyata sama sekali tidak mengalami reaksi alergi apapun terhadap antibiotik tersebut.

Pada penelitian pertama, para peneliti menemukan bahwa sekitar 94% dari 384 orang yang mengatakan bahwa mereka alergi terhadap penisilin ternyata memperoleh hasil negatif terhadap pemeriksaan alergi penisilin.

Pada penelitian kedua, para peneliti menemukan bahwa pada pemeriksaan uji kulit penisilin pada 38 orang yang yakin bahwa mereka menderita alergi terhadap penisilin ternyata menunjukkan bahwa tidak ada satu orang pun dari mereka yang menderita alergi terhadap penisilin (hasil pemeriksaan kulit negatif).

Para peneliti mengatakan bahwa para peserta penelitian mungkin pernah mengalami reaksi tidak mengenakkan saat mengkonsumsi penisilin di masa lalu seperti bentol-bentol atau pembengkakan pada kulit, akan tetapi saat ini mereka sudah tidak lagi mengalami reaksi alergi apapun terhadap penisilin.

Berdasarkan hasil temuan ini, para peneliti pun menganjurkan agar orang-orang yang menduga mereka menderita alergi terhadap penisilin untuk kembali memeriksakan dirinya dengan melakukan uji alergi pada kulit untuk memastikan apakah memang benar mereka menderita alergi terhadap penisilin atau tidak.

 

 

Sumber: webmd

Editor Dokter.id
Dec 15  -  2 min read