Your browser does not support JavaScript!
Begini Caranya Melihat Masa Subur
Begini Caranya Melihat Masa Subur

Apabila seorang wanita ingin hamil, hari-hari menjelang ovulasi adalah waktu yang tepat. Tapi bagaimana Anda bisa tahu masa menjelang ovulasi tersebut. Bagi wanita saat seperti ini seperti memukul target yang bergerak. Terutama karena banyak faktor yang mempengaruhi waktu ovulasi seperti stress maupun olahraga yang berlebihan. 

Apa yang dimaksud dengan ovulasi?

Ovulasi adalah lepasnya sel telur dari ovarium.  Masa subur adalah rentang waktu 1-2 hari disekitar ovulasi. Berhubungan intim diluar masa subur tidak mungkin menghasilkan kehamilan

Setiap bulan hormon dari kelenjar pituari merangsang ovarium untuk melepaskan sel telur. Setelah sel telur dilepaskan, akan bergerak ke saluran tuba. 

Bagaimana cara Anda tahu masa ovulasi Anda?

Perhatikan kalender

Dalam waktu beberapa bulan perhatikan siklus haid Anda. Ovulasi biasanya terjadi pada hari ke 14 dari hari pertama haid. Meskipun waktu yang tepat dapat bervariasi pada wanita atau setiap bulan berbeda. Anda membuat pola mengenai masa ovulasi Anda. 

Perhatikan cairan di vagina

Saat sebelum ovulasi. Anda dapat memeriksa cairan divagina, Anda akan mendapatkan lendir yang lebih banyak, encer, mudah diregang, mirip dengan putih telur mentah. Setelah melewati masa ovulasi lendir kental, keruh, lengket dan akan segera menghilang. Pada saat ini kemungkinan seorang wanita untuk hamil tipis. 

Cek suhu basal Anda

Suhu basal tubuh akan meningkat saat masa ovulasi. Untuk mengukur suhu basal tubuh Anda pada pagi hari sebelum Anda melakukan kegiatan lain dan tidak dalam keadaan sakit yang akan memgacaukan pola suhu basal tubuh Anda. Anda dapat menggunakan termometer digital atau air raksa yang dapat Anda beli di Apotik atau rumah sakit.

Pengukuran sebaiknya dilakukan sejak awal menstruasi hingga menstruasi berikutnya. Setelah itu Anda membuat grafik pola suhu yang Anda ukur. Biasanya masa subur Anda sekitar 2-3 hari sebelum suhu tubuh Anda naik. Kenaikan suhu tersebut tidak terlalu signifikan hanya sekitar 0,5 derajat celcius. Sehingga Anda harus memperhatikan dengan benar  

Anda bisa mencoba menggunakan Tes kit prediksi masa ovulasi

Saat ini sudah banyak dijual test kit untuk memprediksi masa ovulasi seorang wanita. Pada saat ini akan terjadi lonjakan hormon yang terjadi sebelum ovulasi. Untuk hasil yang paling akurat, ikuti petunjuk pada label dengan hati-hati. 

Baca juga: Cegah Kehamilan dengan Pil Kontrasepsi Darurat

Sumber: mayoclinic

Dipo Hartono
Jan 21  -  3 min read