Your browser does not support JavaScript!
Atasi Stres Dengan Terapi Retail
Atasi Stres dengan Terapi Retail

Terapi retail merupakan sebuah situasi di saat kamu membelanjakan sesuatu guna melenyapkan stres. Terapi retail berbeda dengan self-reward. Perbedaannya terdapat pada kesadaran seseorang dalam membelanjakan uang mereka. 

Berdasarkan laman Very Well Mind, sebuah penelitian menemukan bahwa 62% orang yang membeli sesuatu barang mampu meningkatkan mood mereka. Kebiasaan ini biasanya dilakukan wanita.

Penelitian lain mengatakan terdapat banyak hal berkaitan dengan kondisi mental dengan berbelanja, hanya jika dilakukan dengan batasan yang tepat.

Berikut alasan belanja melepas stres menurut psikolog klinis Scott Bea, PsyD, yang dilansir dari Cleveland Clinic:

  • Visualisasi menghilangkan kecemasan
    Ketika melihat sesuatu yang berwarna atau mencium aroma barang baru, indra akan menciptakan pengalaman indrawi imajinatif yang mampu menghilangkan stres itu sendiri. 

  • Hormon dopamin meningkat 
    Walaupun hanya melihat-lihat barang di sebuah toko maupun melalui online, tubuh secara tidak langsung akan melepaskan hormon dopamin. Hormon dopamin ini menjadi hormon yang memberikan rasa senang pada diri.
     
  • Belanja dapat mengembalikan perasaan dalam mengontrol
    Tak hanya dapat mengembalikan rasa kontrol, Retail Terapi juga mampu menghilangkan perasaan sedih. Hal ini didukung dengan adanya penelitian dari Journal of Consumer Psychology (2014) yang mengungkapkan bahwa Terapi Retail tidak hanya membuat orang cepat senang, namun juga dapat melawan perasaan sedih yang berkepanjangan. 


Cara lain yang bisa dilakukan untuk melenyapkan penat selain dengan Terapi Retail

  • Self-reward
    Memanjakan diri sendiri bukanlah hal yang salah, selama dalam melakukannya dilakukan dengan adanya batasan. Kamu bisa memanjakan diri sendiri sesekali. Dalam memanjakan diri sendiri nyatanya tak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Kamu bisa cari cara untuk membahagiakan diri tanpa harus menghabiskan banyak uang. 

  • Declutter
    Declutter adalah suatu kegiatan untuk menyingkirkan barang yang sudah tak digunakan dari tempat penyimpanan. Dalam proses ini, bisa menjadi salah satu cara alternatif dari Terapi Retail.

    Kamu akan menemukan banyak barang yang kamu lupa bahwa kamu memilikinya, dan hal tersebut sama halnya dengan melihat barang-barang baru di toko. Selain itu, kamu juga bisa mengelola ulang pakaian baju kamu dan memisahkan pakaian yang jarang dipakai dan sering dipakai untuk menghilangkan kecemasan secara visualisasi 
Digital Dokterid
Oct 19  -  3 min read