Your browser does not support JavaScript!
Apakah Anda Mengalami Gangguan Cemas?
Apakah Anda Mengalami Gangguan Cemas?

Merasa cemas atau gugup adalah sesuatu yang normal. Beberapa kejadian dapat menimbulkan rasa gugup atau takut. Kegugupan atau ketakutan yang paling sering terjadi biasanya disebabkan karena kekhawatiran akan masa depan, apakah Anda mendapat promosi di pekerjaan? Apakah Anda membesarkan anak dengan benar? Apakah bisnis Anda berjalan dengan baik? Hal-hal demikian sering membuat Anda takut dan gugup, dan hal tersebut sangat normal terjadi.

Tetapi rasa cemas, takut, gugup yang tampaknya normal itu sering menjadi penyebab stress sehari-hari. Bahkan di Amerika sebanyak 18% populasi penduduknya mengalami gangguan cemas.

Beberapa orang mempunyai kemampuan untuk menenangkan diri saat menghadapi berbagai masalah, sementara yang lain menghadapi rasa stress melalui episode kecemasan. Kecemasan dapat menjadi sulit untuk dideskripsikan. Kecemasan dapat digambarkan seperti berdiri diatas gedung yang akan runtuh tanpa ada apapun yang melindungi diri Anda kecuali sebuah payung. Atau bisa juga digambarkan seperti Anda sedang memegang benda yang berputar dengan sangat cepat tanpa bisa melakukan apapun untuk memperlambatnya.

Kunci untuk membedakan apakah rasa cemas itu normal atau berlebihan adalah dari frekuensi, durasi dan intensitas dari rasa cemas dibandingkan dengan peristiwa yang menyebabkan rasa cemas tersebut.

Berbagai tipe kecemasan dihubungkan dengan jenis penyebabnya adalah:
•  Gangguan panik, tipe kecemasan ini digambarkan seperti serangan panik atau serangan ketakutan yang intens atau teror yang berkembang dengan cepat dan tak terduga.
•  Fobia sosial atau ketakutan dipermalukan di hadapan publik
•  Kelainan obsesif kompulsif, adalah tipe gangguan cemas dimana orang tersebut melakukan sesuatu secara berulang-ulang diluar keinginan mereka.
•  Gangguan cemas karena perpisahan, hal ini timbul saat berada jauh dari rumah atau jauh dari orang yang disayangi
•  Anoreksia nervosa adalah ketakutan akan peningkatan berat badan
•  Gangguan somatisasi adalah banyaknya keluhan yang timbul mengenai masalah fisik padahal tidak ada bukti yang membenarkan adanya suatu penyakit.
•  Hipokondrosiasis yaitu ketakutan akan mengalami penyakit yang serius
•  Gangguan stress paska trauma adalah rasa cemas karena kejadian trauma seperti kematian seseorang yang dicintai, peperangan atau menjadi korban kejahatan

Sumber: healthline

Oct 10  -  2 min read