Your browser does not support JavaScript!
Apakah Ada Diet Khusus Bagi Seorang Penderita Gangguan Bipolar?
Apakah Ada Diet Khusus Bagi Seorang Penderita Gangguan Bipolar?

Sebenarnya tidak ada diet khusus bagi seorang penderita gangguan bipolar. Akan tetapi, mengkonsumsi diet sehat dan seimbang juga merupakan hal yang penting bagi penderita untuk membantu menjaga berat badan dan keadaan kesehatannya secara keseluruhan.

Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang penderita bipolar saat memilih makanan yang akan dikonsumsinya.

 

Hindari Makanan Bergaya “Barat”

Hindarilah berbagai jenis makanan bergaya “barat” yang terdiri dari banyak daging merah, lemak jenuh, lemak trans, dan karbohidrat sederhana. Hal ini dikarenakan berbagai jenis makanan ini dapat meningkatkan resiko terjadinya obesitas, diabetes tipe 2, dan gangguan jantung.

Selain itu, menghindari atau membatasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan karbohidrat sederhana dapat membantu menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan, akan tetapi sebenarnya tidak memiliki dampak langsung pada perburukkan atau perbaikan gejala gangguan bipolar.

 

Konsumsi Diet Sehat dan Seimbang

Konsumsilah diet sehat dan seimbang, yang terdiri dari berbagai jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi. Beberapa makanan yang dimaksud adalah buah segar, sayuran, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, gandum, ikan, telur, produk susu rendah lemak, berbagai produk olahan kedelai, dan biji-bijian.

Berbagai jenis makanan ini dapat membantu menyediakan nutrisi yang cukup yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatannya secara keseluruhan dan mencegah terjadinya berbagai jenis penyakit.

 

Batasi Jumlah Kalori yang Dikonsumsi dan Olahraga Secara Teratur

Tujuan utama dari memperhatikan berapa jumlah kalori yang Anda konsumsi setiap harinya dan melakukan olahraga secara teratur adalah untuk menjaga berat badan Anda tetap ideal. Beberapa penelitian menemukan bahwa seorang penderita gangguan bipolar memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami berat badan berlebih atau obesitas. Oleh karena itu, berkonsultasilah dengan dokter Anda mengenai cara apa saja yang harus Anda lakukan untuk mencegah terjadinya peningkatan berat badan saat melakukan pengobatan gangguan bipolar.

 

Sumber: webmd

Editor Dokter.id
Mar 30  -  2 min read