Your browser does not support JavaScript!
Apa Yang Sebaiknya Dikonsumsi Setelah Operasi Kanker Payudara?
Apa yang Sebaiknya Dikonsumsi Setelah Operasi Kanker Payudara?

Menjaga kesehatan Anda setelah melakukan operasi kanker payudara juga tidak kalah penting dari tindakan operasi itu sendiri. Memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda dapat membantu menjaga kesehatan Anda setelah tindakan pembedahan.

 

Pentingnya Nutrisi Untuk Mengatasi Keluhan Paska Tindakan Pembedahan

Mual dan muntah merupakan gejala yang umum terjadi pada para penderita kanker payudara paska tindakan pembedahan, terutama bila Anda juga menjalani tindakan kemoterapi atau radiasi.

Beberapa keluhan lainnya yang mungkin akan Anda alami paska tindakan pembedahan adalah hilangnya nafsu makan dan penurunan berat badan yang cukup banyak karena tubuh Anda kekurangan nutrisi yang diperlukannya. Penurunan berat badan ini seringkali juga disertai dengan tubuh terasa lemas.

Di bawah ini terdapat beberapa cara untuk mengatasi gejala mual paska tindakan pembedahan, yaitu:

  • Makanlah dengan porsi sedikit tetapi sering di sepanjang hari. Hal ini lebih baik dibandingkan dengan makan 3 kali sehari
  • Konsumsilah minuman tinggi protein bila Anda tidak ingin makan
  • Konsumsilah makanan sederhana dan mudah dicerna seperti sup

 

Pentingnya Nutrisi Untuk Proses Penyembuhan

Selain penting untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan paska pembedahan, memperoleh nutrisi yang cukup paska tindakan pembedahan juga penting untuk proses penyembuhan Anda.

Setelah tindakan pembedahan, tubuh Anda memerlukan lebih banyak protein daripada biasanya. Protein ini dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki berbagai sel tubuh, melawan berbagai infeksi, dan proses penyembuhan luka bekas sayatan.

Oleh karena itu, pastikan Anda meningkatkan konsumsi protein Anda paska tindakan pembedahan dan jangan mengkhawatirkan berapa banyak kalori yang telah Anda konsumsi hari ini.

Mengkonsumsi protein yang cukup dapat membantu proses penyembuhan dan mengembalikan tenaga Anda. Anda dapat menurunkan berat badan Anda nanti setelah keadaan kesehatan Anda membaik.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan konsumsi protein Anda adalah:

  • Tambahkan bubuk protein atau susu bubuk ke dalam makanan Anda
  • Tambahkan keju parut pada sayuran, kentang, nasi, dan salad Anda
  • Konsumsilah berbagai jenis cemilan tinggi protein seperti kacang almond, kacang tanah, dan keju

 

Sumber: webmd

Editor Dokter.id
Feb 25  -  2 min read