Your browser does not support JavaScript!
Apa Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kembali Berkencan Paska Bercerai?
Apa yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kembali Berkencan Paska Bercerai?

Kembali berkencan setelah bercerai mungkin akan terasa lebih sulit dan rumit karena berbagai hal, terutama mungkin karena Anda sudah lama tidak berkencan. Selain "pengetahuan" berkencan yang sudah mulai berkurang, ada beberapa hal lain yang juga perlu Anda pertimbangkan sebelum kembali berkencan. Di bawah ini Anda dapat melihat hal-hal apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai berkencan kembali.

 

Apa yang Anda Harapkan dari Kembali Berkencan?

Sebelum Anda mulai kembali berkencan, Anda perlu memikirkan dulu mengapa Anda ingin kembali berkencan saat ini. Hubungan seperti apa yang Anda inginkan atau hindari, apakah Anda hanya ingin mencari teman baru atau pasangan atau hanya ingin berpacaran atau justru ingin segera menikah kembali.

Walaupun Anda tidak perlu merencanakan segala sesuatunya dengan mendetail, akan tetapi Anda harus mengetahui apa yang Anda inginkan dan hubungan seperti apa yang Anda inginkan.

Jika saat ini Anda masih belum tahu apa tujuan Anda ingin kembali berkencan, maka luangkanlah waktu sejenak untuk menulis apa yang ada di dalam pikiran Anda dan Anda pun akan menemukan jawaban dari pertanyaan Anda tanpa Anda sadari.

 

Baca juga: 7 Peristiwa Dalam Hidup yang Dapat Berujung Pada Perceraian

 

Apakah Anda Benar-benar Sudah "Sembuh" dari Perceraian Anda?

Apakah Anda sudah memberikan cukup waktu bagi hati Anda untuk sembuh dari berbagai kejadian emosional yang Anda alami saat bercerai? Jika perasaan Anda masih dipenuhi oleh rasa sakit hati dan kebencian terhadap mantan, maka Anda belum siap untuk mulai berkencan. Jangan khawatir bila Anda membutuhkan waktu yang terlalu lama atau terlalu cepat untuk kembali berkencan, karena hanya Anda yang tahu kapan Anda sudah siap untuk kembali membuka diri untuk orang baru.

 

Apakah Anda Sudah Tahu Apa yang Akan Anda Katakan Pada Anak Anda Nantinya?

Bila Anda sudah memiliki anak dari pernikahan Anda yang sebelumnya, maka hal ini berarti Anda juga harus mempersiapkan anak Anda sebelum kembali mulai berkencan. Anda dan mantan harus bekerja sama untuk menjelaskan pada anak mengapa Anda dan mantan memiliki pasangan baru dalam kehidupan masing-masing. Dengan demikian, anak Anda pun dapat memberitahu Anda dan mantan bagaimana perasaannya mengenai hal ini.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: sheknows

Dipo Hartono
Jul 28  -  3 min read