Your browser does not support JavaScript!
Apa Yang Harus Dikonsumsi Untuk Membantu Mengatasi Gejala Parkinson?
Apa yang Harus Dikonsumsi Untuk Membantu Mengatasi Gejala Parkinson?

Sembelit

Sembelit merupakan gejala yang paling sering ditemukan pada seorang penderita penyakit Parkinson. Meningkatkan konsumsi cairan dan serat dapat membantu memperlancar buang air besar. Konsumsilah setidaknya 6-8 gelas air putih setiap harinya. Minumlah air hangat, terutama di pagi hari karena hal ini dapat membantu menstimulasi pergerakan usus.

Konsumsilah berbagai jenis makanan yang mengandung banyak serat seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, roti gandum, dan sereal. Selain mengandung banyak serat, berbagai jenis makanan tersebut juga mengandung banyak antioksidan.

 

Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah juga merupakan gejala penyakit Parkinson dan dapat juga merupakan salah satu efek samping dari beberapa jenis obat-obatan. Meningkatkan konsumsi cairan dan garam dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Akan tetapi, bila Anda memiliki gangguan jantung atau ginjal, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum meningkatkan konsumsi garam Anda.

Tingkatkan konsumsi berbagai jenis minuman dingin seperti air putih atau air kelapa. Konsumsilah setidaknya 8 gelas air putih setiap harinya. Batasi konsumsi minuman berkafein, air panas, dan minuman beralkohol karena ketiganya dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi dan tekanan darah rendah. Makanlah dengan porsi kecil tetapi sering untuk membantu menjaga kestabilan tekanan darah Anda.

 

Kesulitan Menelan

Gangguan menelan dapat tampak sebagai batuk, tersedak, atau merasa ada makanan yang tersangkut di dalam kerongkongan. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui apa saja perubahan pola makan yang perlu Anda lakukan dan makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

Dokter mungkin akan menganjurkan Anda untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang meningkatkan fungsi sensorik seperti makanan berbumbu, dingin, asam, atau bergas; atau justru menyarankan penderita untuk mengkonsumsi makanan padat dan atas cair. Dokter juga mungkin akan meminta Anda untuk makan dengan posisi duduk tegak, sedikit-sedikit, dan lebih pelan.

 

Kram Otot

Beberapa orang penderita Parkinson juga mengalami kram otot yang dapat terasa sangat nyeri, terutama di malam hari dan saat efektivitas obat mulai menurun. Mengkonsumsi mustard kuning yang mengandung kunyit atau mengkonsumsi air tonik yang mengandung quinine dapat membantu. Pastikan penderita mengkonsumsi cukup cairan setiap harinya karena hidrasi yang cukup dapat mencegah dan membatasi terjadinya kram.

 

Sumber: michaeljfox

Editor Dokter.id
Feb 23  -  2 min read