Your browser does not support JavaScript!
Apa Yang Harus Anda Lakukan Setiap Jamnya Untuk Menurunkan Berat Badan?
Apa yang Harus Anda Lakukan Setiap Jamnya Untuk Menurunkan Berat Badan?

Memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan bukan berarti Anda hanya harus mengubah salah satu kebiasaan buruk Anda menjadi kebiasaan sehat, akan tetapi mengubah seluruh gaya hidup Anda menjadi gaya hidup sehat setiap harinya. 

Setiap jam merupakan suatu kesempatan bagi Anda untuk melakukan sesuatu untuk memperoleh berat badan yang Anda inginkan. Di bawah ini terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan setiap jamnya untuk membantu menurunkan berat badan Anda.

 

Pukul 6 Pagi

Saatnya untuk bangun tidur dan jangan lupa untuk mengkonsumsi segelas besar air putih. Hal ini akan membuat Anda merasa kenyang dan membuat saluran pencernaan Anda bekerja untuk mencegah perut kembung. Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi karbohidrat dan sedikit protein seperti setengah buah pisang dan beberapa butir kacang almond untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

Jika Anda memiliki cukup waktu, maka jangan lupa untuk berolahraga. Olahraga di pagi hari cenderung berefek lebih lama dibandingkan dengan saat Anda berolahraga di waktu lainnya di sepanjang hari. Hal ini membuat metabolisme tubuh Anda tetap aktif sehingga Anda dapat membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

 

Pukul 7 Pagi

Saat Anda mandi lakukan beberapa gerakan peregangan. Selain itu, Anda juga harus mengkonsumsi sarapan yang mengandung protein dan serat. Jangan ragu untuk mengenyangkan diri Anda dengan mengkonsumsi karbohidrat sehat karena tubuh Anda dapat membakar kalori yang Anda konsumsi ini.

 

Pukul 8 Pagi

Pastikan Anda menyiapkan makan siang Anda sendiri. Buatlah makan siang yang terdiri dari makanan rendah lemak, tetapi juga mengandung protein, serat, sayuran segar, gandum, dan buah sebagai makanan penutup.

 

Pukul 9 Pagi

Siapkan sebotol atau segelas air putih begitu Anda sampai di tempat kerja Anda dan pastikan Anda mengkonsumsi cukup banyak air putih. Menjaga tubuh tetap memperoleh cukup cairan merupakan hal yang penting saat berdiet serta dapat membuat Anda merasa kenyang.

 

Pukul 10 Pagi

Jika Anda mulai merasa lapar, maka Anda dapat mengkonsumsi cemilan yang mengandung serat, tetapi pastikan cemilan Anda mengandung kurang dari 150 kalori.

 

Pukul 11 Pagi

Catatlah apa saja yang telah makan hari ini dan berapa banyak olahraga yang telah Anda lakukan. Hal ini dapat membantu Anda mengetahui berapa banyak kalori yang telah Anda konsumsi dan berapa banyak kalori yang masih boleh Anda konsumsi di sisa hari ini.

 

Pukul 12 Siang

Bangunlah dari kursi Anda dan bergeraklah. Berjalan kaki di sekitar kantor Anda pun dapat menjadi pilihan yang baik.

 

Pukul 1 Siang

Mulai merasa lapar? Jangan lupa untuk mengkonsumsi makan siang yang telah Anda siapkan tadi pagi dan jangan lupa untuk mengkonsumsi cukup banyak air putih.

 

Pukul 2 Siang

Berolahraga ringan setelah makan misalnya berjalan bolak-balik saat menelepon dapat menjadi pilihan yang baik.

 

Pukul 3 Siang

Saatnya mengkonsumsi cemilan rendah kalori (maksimal 150 kalori) kembali untuk membuat energi Anda mencukupi hingga waktu makan malam. Hal ini dapat mencegah Anda makan berlebihan di malam hari.

 

Pukul 4 Sore

Jika Anda suka, Anda dapat mengkonsumsi segelas teh hijau. Kafein yang terdapat di dalam teh hijau dapat mengurangi rasa kantuk Anda. Selain itu, teh hijau juga dapat menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

 

Pukul 5 Sore

Saatnya pulang kerja! Jika memungkinkan akan lebih baik bila Anda berjalan kaki dari kantor ke rumah Anda, tentu hal ini hanya dapat dilakukan bila jarak dari kantor ke rumah Anda tidak terlalu jauh. Hal ini dapat membantu membakar sejumlah kalori dan mengurangi stress akibat bekerja, yang dapat memicu Anda makan secara berlebihan.

 

Pukul 6 Sore

Konsumsilah makan malam rendah kalori yang terdiri dari sayuran, protein, gandum, serta sedikit lemak. Akan lebih baik bila makan malam Anda hanya mengandung kurang dari 300 kalori.

 

Pukul 7 Malam

Sikatlah gigi Anda dan lakukanlah olahraga ringan sambil menyikat gigi. Hal ini dapat mencegah keinginan untuk mengemil di tengah malam nanti.

 

Pukul 8 Malam

Anda saat ini mungkin sedang bersantai sambil menonton televisi, akan tetapi jangan lupa untuk melakukan beberapa olahraga ringan saat iklan.

 

Pukul 9 Malam

Siapkanlah segala keperluan Anda untuk kegiatan esok hari dan mulailah bersiap untuk tidur.

 

Pukul 10 Malam

Naiklah ke atas ranjang dan mulai tidur. Tidur yang cukup juga penting jika Anda ingin menurunkan berat badan.

 

 

Sumber: womenshealthmag

Editor Dokter.id
Oct 10  -  5 min read