Your browser does not support JavaScript!
Apa Saja Penyebab Ketiak Gatal?
Apa Saja Penyebab Ketiak Gatal?

Mungkin sering kali orang mengalami yang namanya kulit ketiak yang gatal. Kulit ketiak yang gatal dapat disebabkan oleh berbagai hal, yaitu: 

Kebersihan

Orang yang tidak mandi secara teratur akan terjadi gatal-gatal pada kulit dan bagian lain dari tubuh akibat multiplikasi bakteri. Selain itu, keringat akan mengubah pH kulit dan  melepaskan bahan kimia yang mengiritasi lapisan kulit dangkal, menimbulkan gatal, ruam dan benjolan. 

Infeksi jamur

Infeksi jamur Kandida karena pertumbuhan berlebih dari kandida sehingga menyebabkan kulit gatal-gatal. Daerah tubuh yang gelap dan lembab biasanya tidak terkena sinar matahari (seperti pangkal paha, ketiak dan lipatan kulit) lebih rentan untuk terjadinya pertumbuhan jamur yang berlebihan.  

Hidradenitis suppurativa 

Yaitu peradangan kulit yang kronis biasanya berisi nanah

Hiperhidrosis (Berkeringat berlebihan) 

Keringat berlebihan juga merupakan penyebab signifikan dari ketiak gatal yang menyebabkan iritasi, pertumbuhan bakteri di lingkungan yang basah dan lembab. 

Miliaria Rubra 

Adalah suatu peradangan pada kulit akibat tersumbatnya saluran kelenjar keringat. 

Deodoran 

Bahan kimia yang terdapat dalam deodoran dapat menyebabkan iritasi kelenjar keringat 

Psoriasis 

Adalah penyakit autoimun yang mengenai kulit dan ditandai dengan sisik yang berlapis berwarna keperakan disertai dengan penebalan warna kemerahan dan rasa gatal atau perih

 

Sumber: newhealthguide

Dipo Hartono
May 25  -  2 min read