Your browser does not support JavaScript!
Apa Itu Gangguan Bipolar?
Apa Itu Gangguan Bipolar?

Jika Anda atau orang terdekat menderita gangguan bipolar, maka sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana mengendalikan mood dengan mengkonsumsi obat-obatan bipolar dan memiliki gaya hidup sehat.

Selain itu, makanan yang Anda konsumsi pun ternyata memiliki peranan yang penting untuk membantu mengatasi berbagai gejala gangguan bipolar.

Gangguan bipolar merupakan suatu gangguan kompleks di mana penderitanya mengalami perubahan mood yang ekstrim, yaitu dari merasa sangat sedih hingga merasa sangat senang. Episode mania dan depresi dapat bervariasi dari ringan hingga berat.

Perubahan mood ini dapat terjadi secara bertahap dalam waktu beberapa hari atau beberapa minggu atau dapat pula timbul secara mendadak. Untuk disebut sebagai sebuah episode serangan, gejala yang muncul juga harus mempengaruhi tidur, energi, pikiran, dan perilaku penderita; di mana serangan harus berlangsung selama setidaknya beberapa hari, yang membuat Anda tampak berbeda daripada diri normal Anda.

Pada gangguan bipolar, penderita akan mengalami serangan depresi berat atau justru serangan manik berat, di mana penderita dapat tiba-tiba merasa sangat sedih kemudian berganti menjadi sangat senang. Perubahan mood pada gangguan bipolar ini biasanya juga disertai dengan gangguan pada cara berpikir, persepsi, dan gangguan fungsi sosial.

Hingga saat ini belum ada pemeriksaan laboratorium yang dapat membantu mendiagnosa gangguan bipolar dan karena gejalanya hampir menyerupai gangguan kejiwaan lainnya, maka gangguan ini seringkali salah atau tidak terdiagnosa sehingga penderita seringkali terlambat memperoleh pengobatan yang dibutuhkannya.

 

Sumber: webmd

Editor Dokter.id
Mar 16  -  2 min read