Your browser does not support JavaScript!
Antibiotika Tidak Lagi Dapat Mengobati Penyakit Anda, Mengapa Demikian?
Antibiotika Tidak Lagi Dapat Mengobati Penyakit Anda, Mengapa Demikian?

Antibiotika merupakan obat pertama dan paling ampuh untuk melawan infeksi bakteri. Akan tetapi, selama beberapa puluh tahun terakhir, penggunaan antibiotika secara berlebihan dan penyalahgunaannya, terutama untuk melawan infeksi virus yang sebenarnya tidak berguna, telah menyebabkan terjadinya resistensi.

Resistensi merupakan suatu keadaan di mana suatu jenis antibiotika tidak lagi mampu melawan infeksi suatu jenis bakteri atau mikroba tertentu.

Resistensi antibiotika ini terjadi karena bakteri mengalami suatu perubahan yang membuat efektivitas obat atau zat kimia atau komponen lainnya yang dibuat untuk menyembuhkan atau melawan infeksi berkurang. Dengan demikian, bakteri pun dapat terus bertahan hidup dan berkembang biak di dalam tubuh, yang dapat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Jadi, berapa lama waktu yang diperlukan oleh suatu antibiotika untuk mengalami resistensi? Hal ini tergantung pada berapa banyak antibiotika tersebut digunakan dan seberapa sering bakteri terpapar oleh antibiotika tersebut.

Terjadinya resistensi antibiotika tergantung pada berapa banyak dosis antibiotika yang telah digunakan dan bagaimana kemampuan suatu bakteri untuk mengubah lapisan pelindungnya.

Resistensi antibiotika dapat terjadi dalam waktu beberapa bulan atau beberapa minggu atau malah beberapa tahun.

 

 

Sumber: webmd

Editor Dokter.id
Jan 26  -  1 min read