Your browser does not support JavaScript!
Alzheimer Cenderung Menyerang Wanita, Mengapa?
Alzheimer Cenderung Menyerang Wanita, Mengapa?

Alzheimer umumnya dialami orang yang berusia lebih dari 65 tahun. Penyakit yang mempengaruhi fungsi kinerja pada otak ini lebih sering menyerang wanita ketimbang pria.

Seperti dilansir dari laman Discover Magazine, sekitar 64% penyakit Alzheimer (atau Demensia Alzheimer) cenderung dialami wanita daripada pria. Gejala Alzheimer meliputi gangguan daya ingat, sulit fokus, sulit melakukan kegiatan familiar, hingga gangguan berkomunikasi. 

Mengapa Alzheimer lebih banyak dialami wanita?

Alasan Alzheimer banyak serang wanita masih belum diketahui pasti, namun ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan wanita lebih rentan terkena Alzheimer, antara lain:

Wanita lebih jarang olahraga

Dalam penelitian BMC Public Health (2018) menemukan hasil bahwa orang yang jarang melakukan olahraga akan lebih mudah terkena demensia yang merupakan penyakit yang sama dengan Alzheimer.

Dalam beberapa penelitian membuktikan bahwa laki-laki lebih banyak melakukan kegiatan olahraga dibandingkan wanita.

Faktor genetik

Salah satu genetik yang paling berpengaruh dalam berkembangnya penyakit Alzheimer adalah gen bernama APOE4. Gen ini bisa mempengaruhi pria maupun wanita. Dalam penelitian Alzheimer's Disease Neuroimaging Initiative Investigators, gen ini menyerang wanita jauh lebih berbahaya dibandingkan menyerang para pria.

Wanita jauh lebih panjang umur

Dilansir dari laman Alzheimer’s Association, salah satu alasan dari banyaknya wanita yang terkena Alzheimer adalah karena wanita cenderung memiliki jangka hidup yang lebih panjang ketimbang pria. Hal ini menyebabkan wanita lebih rentan terkena penyakit Alzheimer di usia lanjut mereka.

Itu lah sejumlah alasan yang membuat wanita lebih rentan terkena penyakit Alzheimer ketimbang pria. 

Karena itu, penting sekali untuk wanita menjalani pola hidup sehat agar meminimalisir terkena Alzheimer. Dikutip dari Alzi.or.id, cara mengurangi risiko Alzheimer antara lain: Aktif bergerak atau berolahraga, menjaga kesehatan jantung, menstimulasi otak, fisik – mental – spiritual,  bersosialisasi & beraktivitas positif, serta mengonsumsi sayuran dan buah.

Happy Alzheimer’s Day!
21 September 2021

 

Edwin Suryana
Sep 21  -  2 min read