Your browser does not support JavaScript!
8 Tanda Anda Menderita Ocd
8 Tanda Anda Menderita OCD

Gangguan obsesif kompulsif atau Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) mungkin terlihat ringan dan tidak berbahaya, akan tetapi bila tidak diobati, gangguan ini dapat mempengaruhi aktivitas Anda sehari-hari dan mempengaruhi hubungan Anda dengan orang lain. Curiga bahwa Anda mungkin mengalami OCD? Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa gejala OCD yang perlu Anda waspadai.

Anda Selalu Merasa Takut Akan Kuman

Rasa takut akan kuman dan kontaminasi merupakan salah satu gejala OCD yang paling sering ditemui. Jika Anda merasa bahwa Anda perlu mencuci tangan atau mandi terus-menerus untuk menghindari bakteri atau kontaminan lainnya, maka hal ini merupakan tanda bahwa Anda menderita OCD. Banyak penderita OCD yang satu ini merasa bahwa mereka tidak cukup bersih, sehingga mereka terobsesi oleh kebersihan.

Semakin penderita mencoba untuk mencegah dirinya terkontaminasi oleh kuman, maka semakin buruklah obsesinya akan kebersihan. Bila Anda merasakan hal yang sama, segera cari pertolongan medis.

Semua Hal Harus Tampak Rapi atau Simetris

Apakah Anda merasa bahwa sesuatu di rumah Anda kurang rapi? Mungkin Anda merasa tidak nyaman bila melihat sesuatu tampak tidak simetris. Bila ya, maka hal ini merupakan gejala lain dari OCD yang perlu diwaspadai.

Penderita OCD yang satu ini biasanya merasa bahwa segala sesuatu selalu perlu dibetulkan dan dirapikan sehingga penderita biasanya sering memindahkan barang-barangnya agar menjadi lebih rapi, sehingga mereka pun merasa lega. Penderita OCD ini biasanya tahu bahwa tidak ada alasan bagi mereka melakukan hal yang dilakukannya, tetapi karena mereka merasa lebih baik setelah melakukannya, mereka pun terus melakukannya.

Tidak Dapat Mengendalikan Pikiran yang Tidak Diinginkan

Jika Anda pernah memiliki pikiran negatif yang menakutkan, Anda tidaklah sendirian. Bahkan, sebenarnya sebagian besar orang pasti memiliki pikiran aneh, menakutkan, atau bahkan porno. Yang menjadi masalah bukanlah berbagai pikiran buruk ini, tetapi reaksi Anda terhadapnya.

Jika Anda menderita OCD, maka Anda dapat menjadi terobsesi pada pikiran buruk ini dan tidak dapat berhenti memikirkannya. Jika Anda mulai mempertimbangkan bahwa pikiran buruk Anda memiliki arti yang lebih dalam, maka hal ini dapat menyebabkan Anda mengalami obsesi. Yang pada akhirnya akan membuat Anda sangat cemas dan mulai melakukan gerakan yang sama berulang kali.

Tidak Dapat Membuang Benda Tua

Tentu saja selama Anda hidup pasti banyak barang tua yang menjadi kenangan tersendiri bagi Anda. Akan tetapi, sebagian besar orang biasanya dapat membuang sejumlah barang dan membersihkan gudangnya.

Namun, bagi seorang penderita OCD, membuang barang-barang tua ini hampir mustahil. Orang yang suka menimbun barang dapat memiliki keinginan berlebihan untuk membeli barang diskon atau mengalami kecemasan hebat saat akan membuang suatu barang tertentu, bahkan barang rusak. Bahkan adanya pikiran untuk membuang barang-barang ini dapat membuatnya merasa semakin cemas.

Anda Menghindari Situasi yang Memicu Pikiran Buruk

Jika pikiran Anda selalu saja dipenuhi dengan pikiran negatif sepanjang hari, maka Anda mungkin akan mulai berpikir untuk menghindari situasi tertentu yang memicu munculnya pikiran negatif tersebut.

Jadi, bila kerumunan orang banyak membuat Anda merasa cemas, Anda mungkin akan mulai menghindari berpergian. Jika pantai membuat Anda takut tenggelam, maka Anda pun akan menghindari pantai.

Pikiran Obsesif Berlangsung Selama Setidaknya 1 Jam Setiap Harinya

Memikirkan hal yang sama sesekali biasanya bukanlah hal yang perlu Anda khawatirkan, akan tetapi bila Anda terus memikirkan hal yang sama untuk waktu yang lama dan bahkan menyadari bahwa ini bukanlah hal yang normal, maka Anda perlu segera memeriksakan diri. Seorang penderita OCD biasanya tidak dapat mengendalikan pikirannya, bahkan saat mereka tahu bahwa hal ini sudah berlebihan. Jadi, bila Anda menghabiskan waktu lebih dari 1 jam dalam sehari untuk memikirkan sesuatu atau melakukan ritual tertentu, maka hal ini merupakan tanda bahwa Anda menderita OCD. Segera cari pertolongan medis.

Merasa Takut Akan Melukai Diri Anda Sendiri Atau Orang Lain

Hal berbahaya dari OCD adalah adanya pikiran untuk melukai diri Anda sendiri atau orang-orang di sekitar Anda. Hal ini dikarenakan seorang penderita OCD sulit mengendalikan pikiran buruknya, misalnya membayangkan memukul orang, yang membuatnya akan benar-benar melakukannya.

Mengulang Gerakan yang Sama Membuat Anda Merasa Lega

Seringkali para penderita OCD akan melakukan gerakan yang sama berulang-ulang karena ritual ini akan membuat mereka merasa lebih baik dan menyingkirkan berbagai pikiran negatif. Akan tetapi, gerakan ritual ini biasanya hanya memberikan kedamaian sementara.  Keadaan penderita bahkan dapat bertambah buruk, di mana semakin banyak gerakan ritual dilakukan, semakian berkurang efektivitasnya.

Jika Anda menemukan bahwa Anda terus saja mengulang gerakan yang sama, misalnya mencuci tangan Anda berulang kali secara beruntun atau menyalakan dan mematikan lampu berulang kali, dan sebagainya hanya untuk membuat Anda merasa nyaman sementara dan kembali melakukannya lagi; Anda mungkin menderita OCD.

Sumber: cheatsheet

Oct 27  -  5 min read