Your browser does not support JavaScript!
7 Tanda Kamu Siap Menikah
7 Tanda Kamu Siap Menikah

Kamu pasti sering mendengar pertanyaan "Kapan menikah?" oleh teman maupun keluarga kamu ketika di sebuah acara tertentu. Pertanyaan tersebut kadang diikuti oleh unsur candaan, namun beberapa di antara orang yang ditanyakan pertanyaan tersebut justru merasa tertekan. 

Tak sedikit pasangan rumah tangga yang berujung kandas dengan cepat karena ketidaksiapan diri maupun pasangan dalam melanjutkan ke sebuah hubungan yang sakral, yakni pernikahan. 

Lantas, seperti apakah tanda bahwa seseorang siap melangkah ke jenjang pernikahan?

 

  • Mengetahui alasan dari tujuan menikah
    Banyak fenomena yang menikah demi mendapatkan status saja, namun hal tersebut jelas merupakan hal yang salah. Tanda kamu mengetahui alasan atas tujuan kamu menikah adalah kamu bisa membayangkan untuk hidup bersama satu orang yang sama untuk jangka waktu yang sangat lama.

    Setidaknya, kamu memiliki gambaran atas kehidupan pernikahan kamu untuk mengetahui kesiapan kamu untuk menikah.

  • Punya rencana jangka panjang
    Tak hanya acara pernikahan yang kamu bisa bayangkan, namun kamu juga perlu membayangkan kehidupan pasca acara tersebut berakhir. Kamu harus bisa merencanakan pernikahan kamu untuk seumur hidup kamu. 

  • Bisa hidup tanpa dia
    Pernikahan memanglah suatu tahap menyatukan satu orang dengan orang lain. Banyak pasangan yang berpacaran untuk jangka waktu yang lama dan selalu hidup berdampingan selama mereka berpacaran. Untuk menyatakan bahwa kamu siap untuk menikah adalah dengan membayangkan kehidupan kamu tanpa dirinya.

    Bukan dalam arti perpisahan, namun ada kalanya kamu perlu melakukan yang membutuhkan kebersamaan dan terkadang kamu perlu memiliki hidup kamu sendiri. 

  • Percaya dengan pasangan
    Sikap kepercayaan merupakan sebuah kunci di dalam hubungan. Mempercayai satu sama lain merupakan sebuah fondasi yang penting yang harus ada di dalam hubungan.

    Tak hanya kepercayaan, kamu juga harus mengenal secara detail tentang sikap dan sifat pasangan kamu. Jangan kamu menikah hanya karena telah menjalani sebuah hubungan dengan waktu yang lama. Menikahlah ketika kamu sudah percaya dengan pasangan kamu secara sepenuhnya. 

  • Hubungan stabil
    Dalam hubungan, pasti kamu akan berpapasan dengan suka dan duka yang merupakan dua hal yang wajar untuk dialami tiap orang dalam sebuah hubungan. Hubungan pun membutuhkan komitmen yang kuat serta sifat persahabatan yang erat kepada satu sama lain.

  • Mengetahui cara untuk berkompromi 
    Sebuah masalah dalam hubungan jelas akan mewarnai hubungan kamu. Ketika ada suatu masalah, kamu harus tau bagaimana cara yang tepat dalam menyelesaikan sebuah masalah. Hal ini menjadi salah satu tanda bahwa kamu sudah siap untuk menikah ketika kamu dan pasangan kamu telah mengetahui bagaimana untuk mendapatkan jalur tengah atas sebuah permasalahan. 

  • Adanya restu dukungan dari orang terdekat
    Ketika kamu menikah, kamu tidak akan lepas hubungan dengan orang-orang terdekatmu seperti teman hingga keluarga. Ada pentingnya untuk keluarga serta teman terdekatmu merestui hubungan kamu dengan pasangan kamu. Pasangan kamu harus bisa bonding bersama keluarga sekaligus temanmu.

    Namun, kamu perlu tahu bahwa karakter pasanganmu harus konsisten ketika berada di dalam lingkup keluarga maupun lingkup pertemananmu.

    Pernikahan merupakan sebuah milestone dalam hidup yang sangat penting. Oleh karena itu, kamu harus memikirkannya secara matang dan tanpa perlu terburu-buru. Semoga bermanfaat, ya!
Edwin Suryana
Oct 12  -  3 min read