Your browser does not support JavaScript!
7 Tanda Bahwa Anda Mungkin Sedang Hamil
7 Tanda Bahwa Anda Mungkin Sedang Hamil

Bingung apakah Anda hamil atau tidak? Walaupun gejala awal kehamilan dapat berbeda-beda pada setiap wanita, bahkan pada setiap kehamilan, akan tetapi terdapat beberapa hal yang hampir selalu terjadi pada setiap kehamilan pada hampir semua wanita hamil, bahkan sebelum tes kehamilan menyatakan Anda positif hamil.

Di bawah ini terdapat 8 tanda kehamilan yang mungkin timbul bahkan sebelum Anda menyadari diri Anda sedang hamil.

 

1.      Payudara Terasa Nyeri

Apakah payudara Anda terasa membengkak dan nyeri? Apakah mereka tampak lebih besar daripada biasanya? Bila ya, Anda mungkin sedang hamil.

Nyeri pada payudara seringkali merupakan tanda awal dari kehamilan. Berbagai perubahan hormonal di dalam tubuh menyebabkan terjadinya peningkatan aliran darah seiring dengan terjadinya berbagai perubahan pada jaringan payudara yang sedang mempersiapkan dirinya untuk menyusui.

Saat kehamilan berusia 4-6 minggu, payudara Anda mungkin akan mulai terasa membesar dan nyeri. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan bra yang sesuai dan suportif selama beberapa bulan mendatang. Rasa nyeri pada payudara Anda mungkin akan berkurang saat kehamilan melewati trimester pertama karena tubuh Anda telah dapat beradaptasi dengan perubahan kadar hormonal.

 

2.      Morning Sickness

Setiap orang yang pernah mengalami morning sickness pasti mengetahui bahwa gejala ini tidak hanya terjadi di pagi hari, tetapi di sepanjang hari atau bahkan hanya di malam hari. Anda dapat secara mendadak merasa mual akibat suatu bau-bauan tertentu atau merasakan rasa tertentu, terutama bila sekarang ini merupakan kehamilan pertama Anda.

Morning sickness terjadi akibat perubahan kadar hormonal yang cukup drastis pada trimester pertama kehamilan. Beberapa orang wanita tidak lagi mengalami morning sickness saat kehamilan memasuki usia 12 minggu.

Akan tetapi beberapa orang wanita lainnya mungkin akan terus merasa mual selama hamil. Berkonsultasilah dengan dokter Anda bila Anda merupakan salah satu dari wanita ini.

 

3.      Merasa Sangat Lelah

Apakah Anda merasa sangat lelah akhir-akhir ini? Merasa sangat lelah merupakan salah satu tanda awal kehamilan yang sering ditemukan. Banyak wanita mengatakan bahwa rasa lelah pada awal masa kehamilan ini merupakan rasa lelah terparah yang pernah mereka rasakan.

Sampai saat ini, para peneliti masih tidak mengetahui apa sebenarnya penyebab para wanita hamil merasa sangat lelah, akan tetapi mereka menduga hal ini mungkin berhubungan dengan peningkatan kadar hormon progesteron.

Rasa sangat lelah ini biasanya sangat terasa pada trimester pertama kehamilan. Anda biasanya akan merasa lebih bertenaga dan lebih segar saat kehamilan memasuki trimester kedua, yang akan kembali saat Anda memasuki trimester ketiga kehamilan. Anda mungkin sering merasa mengantuk di siang hari.

 

4.      Sering Merasa Lapar

Walaupun terdengar aneh, rasa mual dan lapar seringkali terjadi bersamaan selama hamil. Pada saat rasa mual Anda berkurang, Anda mungkin akan segera ingin mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang memang telah Anda idam-idamkan sebelumnya.

Membiarkan diri Anda mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang Anda idamkan memang sah-sah saja saat hamil, akan tetapi bukan berarti Anda dapat mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan atau hanya mengkonsumsi makanan tersebut selama hamil karena hanya makanan tersebut yang tidak membuat perut Anda terasa mual.

Cobalah untuk tetap mengkonsumsi diet sehat dan seimbang selama hamil serta hindarilah berbagai jenis makanan yang tidak aman untuk dikonsumsi oleh wanita hamil.

 

5.      Sering Buang Air Kecil (Peningkatan Frekuensi Berkemih)

Apakah Anda jadi lebih sering pergi ke kamar mandi belakangan ini? Saat kehamilan baru dimulai, Anda mungkin akan lebih sering berkunjung ke kamar kecil. Hal ini dikarenakan rahim yang membesar dan menekan kandung kemih Anda dan adanya peningkatan cairan tubuh yang membuat ginjal harus bekerja lebih keras. Selain itu, saat kehamilan Anda membesar, bagian tubuh bayi juga akan menekan kandung kemih, yang akan membuat Anda juga lebih sering buang air kecil.

 

6.      Mood Berubah-ubah (Moody)

Apakah mood Anda sering berubah-ubah belakangan ini? Moody merupakan hal normal terjadi saat seorang wanita hamil akibat adanya perubahan kadar hormonal yang cukup drastis di dalam tubuh wanita tersebut. Setiap wanita hamil akan merasakan perubahan mood yang berbeda-beda, senang-sedih atau justru menjadi lebih mudah cemas atau depresi.

Perlu diingat bahwa bila Anda merasa sangat tidak berdaya atau tidak mampu melakukan kegiatan Anda sehari-hari, maka segera hubungi dokter Anda.

 

7.      Menstruasi Terlambat

Menstruasi terlambat biasanya merupakan pertanda baik bahwa Anda memang sedang hamil, akan tetapi bukan merupakan suatu kepastian. Beberapa orang wanita memang tidak memiliki siklus menstruasi yang teratur atau mungkin tidak mencatat kapan terakhir kali mereka mendapat menstruasi.

Jika menstruasi Anda tidak teratur atau bervariasi antara banyak dan sedikit (volume), maka Anda mungkin menyadari bahwa Anda sedang hamil karena merasakan berbagai tanda kehamilan lain di atas dan tidak menyadari bahwa Anda sebenarnya telah terlambat haid.

Beberapa orang wanita juga mengalami sedikit spotting (keluarnya sedikit darah) selama proses implantasi (penempelan janin ke rahim), yang terjadi sangat berdekatan dengan waktu datangnya menstruasi Anda.

Bila Anda menduga diri Anda sedang hamil, maka jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan kehamilan sebelum melakukan segala sesuatu yang mungkin berbahaya bagi bayi Anda.

 

Untuk memastikan apakah Anda benar-benar hamil, dianjurkan agar Anda tetap melakukan pemeriksaan kehamilan, baik dengan alat tes maupun dengan berkunjung ke dokter atau bidan terdekat.

 

Sumber: sheknows

Editor Dokter.id
Mar 18  -  5 min read