Your browser does not support JavaScript!
7 Kesalahan Yang Dilakukan Banyak Orang Saat Menggunakan Kartu Kredit
7 Kesalahan yang Dilakukan Banyak Orang Saat Menggunakan Kartu Kredit

Saat digunakan dengan bertanggung jawab, kartu kredit dapat memudahkan Anda dalam berbelanja. Akan tetapi, bila disalahgunakan, kartu kredit dapat menghancurkan keadaan keuangan Anda dan membuat Anda tidak dapat membeli rumah, mobil, dan bahkan bekerja. Jika Anda ingin menghindari masalah, Anda perlu berhati-hati dalam pengeluaran dan pembayaran kartu kredit Anda.

Di bawah ini Anda dapat melihat 7 kesalahan menggunakan kartu kredit yang harus Anda hindari bila ingin terbebas dari masalah keuangan.

 

Marah-marah Saat Ada Masalah

Bila Anda memiliki masalah dengan kartu kredit Anda, misalnya telat mendapatkan lembar tagihan hingga Anda harus membayar denda yang tidak seharusnya, jangan langsung marah-marah. Bersikaplah tenang dan bila Anda merasa masalah yang Anda hadapi tidak ditangani dengan baik, Anda dapat melaporkannya ke badan keuangan terkait.

 

Malu Mencari Bantuan Profesional

Malu memiliki banyak hutang kartu kredit? Bila Anda merasa bingung bagaimana caranya menyelesaikan permasalahan hutang kartu kredit Anda, jangan malu atau merasa gengsi untuk mencari bantuan.

 

Membeli Hal yang Tidak Diperlukan Hanya Karena Bisa

Hal terpenting yang harus Anda lakukan saat sudah memiliki kartu kredit adalah tahan keinginan untuk berbelanja hal-hal yang tidak Anda butuhkan hanya karena Anda memiliki batasan kredit yang mencukupi. Bila Anda tidak dapat melakukannya, tanpa Anda sadari, Anda hanya dapat melakukan pembayaran minimum setiap bulannya, yang akan membuat tagihan Anda terus melonjak akibat bunga setiap bulannya. Jadi, belilah hanya apa yang Anda perlukan dan selalu bayar seluruh tagihan kartu kredit Anda.

 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anda Mengalami Kesulitan Keuangan

 

Serakah

Anda tidak membutuhkan banyak kartu kredit. Aturan utama dalam perkreditan adalah jangan memiliki lebih dari 2 kartu kredit. Memiliki lebih dari 2 kartu kredit adalah seperti mencari masalah.

 

Terbawa Nafsu

Jangan hanya karena ingin memiliki gadget terbaru, maka Anda pun segera membelinya tanpa berpikir. Ingatlah bahwa saat Anda menggunakan kartu kredit, Anda sedang berhutang pada bank. Jika Anda tidak memiliki cukup uang di dalam rekening bank Anda, maka jangan membeli gadget baru tersebut.

 

Ingin Memiliki Kartu Kredit Dengan Limit Tinggi

Apakah Anda iri karena teman Anda memiliki kartu kredit super eksklusif dan Anda tidak? Sekali-kali jangan! Di luar sana ada banyak kartu kredit yang juga baik bagi Anda. Yang terpenting adalah bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut memiliki tingkat keamanan yang cukup baik sehingga Anda pun tidak dirugikan.

 

Tidak Mencatat Jadwal Pembayaran

Saat Anda memiliki kartu kredit, apalagi bila memiliki lebih dari 2 kartu kredit, pastikan Anda selalu mencatat kapan Anda perlu membayar dan apakah Anda sudah membayar tagihan Anda setiap bulannya. Dengan demikian, Anda tidak akan melupakan pembayaran yang perlu dilakukan dan tidak kurang dalam membayar hingga terkena bunga di bulan berikutnya.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: cheatsheet

Eko Siswanto
Nov 30  -  3 min read