Your browser does not support JavaScript!
7 Jenis Nyeri Yang Umum Dialami Oleh Para Ibu Hamil
7 Jenis Nyeri yang Umum Dialami Oleh Para Ibu Hamil

Apakah mengkonsumsi makanan pedas yang sangat Anda inginkan justru membuat perut Anda sangat perih? Apakah perut Anda yang semakin membesar membuat pinggang Anda semakin sakit? Hamil pada dasarnya memang bukanlah hal yang mudah dan pasti akan sangat membebani tubuh Anda. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa jenis nyeri yang biasa ditemukan pada ibu hamil.

 

Sakit Kepala

Apakah Anda terus mengalami nyeri pada kedua sisi kepala Anda? Bila ya, maka Anda mungkin mengalami nyeri kepala tension, suatu jenis sakit kepala yang sering ditemukan pada wanita hamil, terutama pada trimester pertama.

 

Wasir

Wasir atau hemoroid merupakan varises pada pembuluh darah di daerah anus. Wasir dapat hanya terasa gatal atau sangat nyeri dan kadangkala menyebabkan timbulnya perdarahan pada anus, terutama saat buang air besar. Beberapa orang wanita mengalami wasir pertama kali saat mereka hamil. Dan bila Anda sudah mengalami wasir sebelum hamil, maka Anda pasti akan kembali mengalaminya saat sedang hamil.

 

Heartburn

Apakah dada Anda terasa panas seperti terbakar setelah Anda makan? Bila ya, maka Anda mungkin mengalami heartburn, yang disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan (refluks asam lambung). Heartburn disebabkan oleh perubahan kadar hormonal dan fisik yang terjadi saat Anda hamil.

 

Baca juga: Penelitian Yang Menunjukkan Manfaat Berjalan Kaki

 

Kram Kaki

Hingga saat ini para ahli masih tidak mengetahui apa sebenarnya penyebab dari terjadinya kram kaki pada wanita hamil. Namun mereka menduga peningkatan berat badan dan adanya tekanan dari rahim yang membesar mungkin merupakan penyebabnya.

 

Nyeri Pinggang

Seiring dengan semakin membesarnya perut Anda dan berubahnya kadar hormon di dalam tubuh Anda, maka Anda pun akan mulai merasakan nyeri pada pinggang, pinggul, dan bahkan bokong Anda. Selain itu, Anda juga akan merasa amat sangat lelah.

 

Nyeri Perut Bawah

Pada beberapa orang wanita, mereka dapat mengalami nyeri singkat seperti tertusuk-tusuk atau nyeri tumpul dalam waktu yang lebih lama pada perut bagian bawah atau kemaluan. Nyeri ini biasanya mulai terjadi saat kehamilan memasuki trimester kedua.

 

Sindrom Carpal Tunnel

Apakah tangan Anda terasa kesemutan atau mati rasa? Hal ini dapat merupakan gejala dari sindrom carpal tunnel, suatu gangguan yang biasanya terjadi akibat tangan selalu mengulangi gerakan yang sama. Pada ibu hamil, tambahan cairan dan pembengkakan pada tangan dapat menyebabkan timbulnya gejala yang sama.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: babycenter

Eko Siswanto
Mar 12  -  3 min read