Your browser does not support JavaScript!
7 Bahan Alami Untuk Mengatasi Flek Hitam Pada Wajah
7 Bahan Alami Untuk Mengatasi Flek Hitam Pada Wajah

Untuk menghilangkan flek hitam dan meratakan warna kulit, topikal hidrokuinon sangat efektif bila digunakan dengan tepat sesuai dengan anjuran dokter. Selain hidrokuinon sebenarnya ada beberapa bahan alami lain yang juga dapat membantu mengatasi flek hitam pada wajah lho. Di bawah ini Anda dapat melihat apa saja bahan alami tersebut.

 

Asam Kojik

Asam kojik merupakan ekstrak jamur yang populer di Asia untuk mengatasi flek hitam. Asam kojik bekerja dengan cara memperlambat perubahan melanin di dalam kulit Anda. Asam ini juga dapat ditoleransi dengan cukup baik oleh kulit sehingga hanya menyebabkan sedikit atau sama sekali tidak menyebabkan iritasi kulit. Asam kojik juga dapat digunakan pada semua jenis kulit dan bahkan aman digunakan oleh ibu hamil.

 

Asam Askorbat

Asam askorbat atau vitamin C juga dapat membantu mengatasi flek hitam, tetapi biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama dan kurang efektif. Biasanya vitamin C perlu dikombinasikan dengan zat lain untuk memaksimalkan efeknya.

 

Asam Ellagik

Asam ellagik merupakan antioksidan alami yang terdapat di dalam buah-buahan seperti buah beri. Asam ellagik dapat membantu mencerahkan kulit dengan mengatur produksi melanin dan memudarkan flek hitam.

 

Baca juga: 10 Bahan Alami Untuk Menyamarkan Stretch Mark

 

Asam Azelaik

Asam azelaik berasal dari barley dan gandum. Zat ini sering ditemukan di dalam produk perawatan kulit untuk mengatasi rosacea dan jerawat karena dapat membunuh bakteri, mengangkat kotoran yang menyumbat pori, dan mengurangi peradangan. Selain dapat mengatasi jerawat, asam azelaik ini juga dapat mencerahkan bekas hitam akibat jerawat.

 

Arbutin

Arbutin atau yang juga dikenal dengan nama ekstrak bearberry memiliki efek yang paling mirip dengan hidrokuinon dibandingkan bahan lainnya. Walaupun dapat membantu mencerahkan kulit, akan tetapi seperti vitamin C, arbutin tidak terlalu efektif dan perlu dikombinasikan dengan bahan pencerah lainnya.

 

Niacinamide

Walaupun tidak dapat menyamarkan flek hitam, namun niacinamide atau vitamin B3 ini dapat membantu meratakan warna kulit yang tidak rata. Hal ini dikarenakan niacinamide mengandung zat anti radang yang dapat membantu mengatasi kulit yang kemerahan akibat radang. Niacinamide biasanya dapat mengatasi peradangan ringan.

 

Ekstrak Mulberry

Ekstrak mulberry bekerja dengan cara mengganggu produksi melanin di dalam kulit. Bahan ini bekerja dengan sangat lambat, sehingga ia kurang populer di antara bahan-bahan pencerah lainnya.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: prevention

 

Eko Siswanto
Nov 21  -  3 min read