Your browser does not support JavaScript!
6 Tips Atasi Gangguan Tidur Akibat Kanker
6 Tips Atasi Gangguan Tidur Akibat Kanker

Bila anda menderita kanker baik pada stadium awal maupun lanjut, hal ini dapat menyebabkan terjadinya gangguan tidur, baik yang disebabkan oleh kanker itu sendiri, efek samping pengobatan (kemoterapi atau radiasi), atau akibat faktor psikologis.

Bila gangguan tidur yang anda alami sangat mengganggu, dokter anda dapat memberikan obat tidur. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah agar anda mematuhi kapan anda harus mengkonsumsi obat tersebut, kapan harus menghentikannya, dan berapa dosis yang anda perlukan sesuai dengan petunjuk dokter anda. Jangan memulai penggunaan obat tidur tanpa persetujuan dokter anda.

 

  1. 1.      Jadikan Tidur Sebagai Rutinitas

Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap harinya bahkan saat akhir minggu atau saat liburan. Hal ini dapat membantu tubuh anda terbiasa dengan waktu tidur tersebut.

 

  1. 2.      Berolahraga Secara Teratur

Berolahragalah secara teratur setiap harinya, tetapi jangan berolahraga 3-4 jam sebelum waktu tidur. Tanyakan pada dokter anda mengenai jenis olahraga dan berapa lama anda boleh melakukannya setiap hari. Berjalan cepat, jogging, berenang, dan yoga dapat menjadi pilihan yang baik.

 

  1. 3.      Hindari Kafein dan Alkohol

Hindari mengkonsumsi kafein setelah makan siang. Kafein biasanya terdapat di dalam kopi, teh, minuman bersoda, dan coklat. Selain itu, hindarilah juga alkohol. Alkohol memang dapat membuat anda mengantuk, akan tetapi setelah efeknya habis, maka anda akan terbangun.

 

  1. 4.      Buatlah Kamar Tidur Anda Senyaman Mungkin

Pindahkanlah berbagai hal yang dapat mengalihkan perhatian anda dan membuat anda tidak ingin tidur, seperti jam dinding, telepon, televisi, atau radio.

Ciptakanlah suasana yang tenang di dalam kamar tidur anda dan matikan lampu kamar tidur anda. Atur suhu di dalam kamar tidur anda sehingga membuat anda merasa nyaman dan lebih mudah tertidur.

Bila anda masih tidak dapat tidur setelah mencobanya selama 15-20 menit, bangun dan lakukanlah kegiatan yang membosankan hingga anda merasa mengantuk. Jangan terus memikirkan mengenai berapa banyak waktu tidur yang telah berkurang dan jangan menonton televisi.

 

  1. 5.      Perhatikan Obat-obatan yang Anda Konsumsi

Perhatikan berbagai jenis obat yang anda konsumsi dan tanyakan pada dokter anda apakah obat-obatan tersebut mempengaruhi tidur anda. Jika anda mengkonsumsi obat golongan steroid atau obat lainnya yang mungkin menstimulasi tubuh anda, konsumsilah jauh sebelum waktu tidur anda.

 

  1. 6.      Terapi Pijat dan Pikiran

Pijat telah terbukti dapat memperbaiki gangguan tidur pada penderita kanker. Selain itu, pijat juga dapat mengurangi rasa nyeri, cemas, dan berbagai gejala lainnya.

Terapi pikiran seperti meditasi, relaksasi, terapi kognitif dan perilaku juga dapat membantu penderita kanker yang sedang dalam pengobatan. Selain itu, yoga dan tai chi juga dapat membantu memperbaiki kualitas tidur anda.

 

Segera hubungi dokter anda bila anda mengalami gangguan tidur yang berlangsung selama lebih dari 4 minggu atau bila gangguan tidur yang anda alami semakin memburuk.

 

Sumber: webmd

Editor Dokter.id
Mar 28  -  3 min read