Your browser does not support JavaScript!
6 Makanan Yang Dapat Memperbaiki Mood Dan Menurunkan Berat Badan
6 Makanan yang Dapat Memperbaiki Mood dan Menurunkan Berat Badan

Salah satu hambatan terbesar untuk menurunkan berat badan selain kesulitan menahan rasa lapar adalah karena mengurangi kalori dapat membuat tubuh Anda terasa lemas dan membuat Anda menjadi lebih mudah marah. Di bawah ini terdapat beberapa jenis makanan yang dapat membuat mood Anda menjadi lebih baik dan membantu usaha Anda untuk menurunkan berat badan.

 

Salmon

Kandungan asam lemak omega 3 di dalam ikan ini telah dikenal dapat membantu memperbaiki mood seseorang. Selain itu, ikan salmon juga dapat membantu menjaga berat badan seseorang, terutama bila digunakan sebagai pengganti daging merah. Konsumsilah 3 porsi ikan ini setiap minggunya.

 

Bayam

Bayam merupakan sayuran berdaun hijau yang mengandung banyak magnesium. Kekurangan magnesium dapat membuat seseorang merasa sangat lelah, mudah marah, dan bahkan sulit berkonsentrasi. Selain itu, bayam juga mengandung banyak vitamin A, B, dan C, serat zat besi dan protein; yang sangat baik untuk menambah tenaga.

Beberapa peneliti menemukan bahwa bayam juga dapat membantu usaha Anda untuk menurunkan berat badan dengan cara mengurangi keinginan Anda untuk mengkonsumsi makanan manis dan asin.

 

Greek Yogurt

Makanan yang mengandung banyak protein seperti Greek yogurt dapat memicu produksi berbagai zat kimia di dalam otak seperti dopamin dan norepinefrin serta dapat meningkatkan energi serta kewaspadaan seseorang.

Beberapa peneliti di Amerika menemukan bahwa dengan mengkonsumsi 540 ml Greek yogurt setiap harinya ternyata dapat membantu menurunkan berat badan dan membuat lingkar perut menjadi lebih kecil.

 

Tomat Ceri

Tomat ceri merupakan buah yang mengandung banyak likopen, yang dapat membantu memperlambat penumpukkan berbagai zat sisa yang dihasilkan oleh proses peradangan di dalam tubuh, yang telah terbukti berhubungan dengan mood yang buruk dan rasa lesu. Karena ukurannya yang kecil dan hanya mengandung sedikit kalori, maka tomat ceri juga merupakan makanan yang baik untuk membantu menurunkan berat badan.

 

Roti Isi Tuna

Tuna mengandung banyak asam lemak omega 3 dan roti gandum merupakan makanan yang dapat membuat mood Anda menjadi lebih baik. Keduanya memicu terjadinya pelepasan hormon serotonin, sejenis hormon yang berfungsi untuk mengatur mood, yang dapat membuat seseorang merasa puas. Karena roti gandum mengandung lebih banyak karbohidrat kompleks, maka konsumsinya pun dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah Anda makan secara berlebihan.

 

Blueberi

Buah beri mendapatkan warna ungunya dari suatu pigmen yang dikenal dengan nama antosianin, yang merupakan suatu zat yang dapat memperbaiki mood. Selain itu, semua jenis beri mengandung banyak serat dan air, yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

 

Sumber: fitbie

Editor Dokter.id
Mar 06  -  3 min read