Your browser does not support JavaScript!
6 Makanan Sehat Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Terlalu Banyak
6 Makanan Sehat yang Tidak Boleh Dikonsumsi Terlalu Banyak

Banyak orang mengira bahwa karena merupakan makanan sehat, maka mereka boleh mengkonsumsinya sebanyak yang mereka inginkan. Akan tetapi, seperti berbagai hal lainnya, terlalu banyak, walaupun sehat, justru akan berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, apapun jenis makanannya pastikan Anda selalu memperhatikan porsi makannya. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa jenis makanan sehat yang akan menjadi berbahaya bila dikonsumsi terlalu banyak.

 

Jus Buah

Walaupun terbuat dari buah segar, akan tetapi jus buah segar tidak mengandung serat sebanyak buah segar itu sendiri. Akibatnya, Anda pun cenderung makan lebih banyak daripada seharusnya. Selain itu, menggantikan makan dengan hanya mengkonsumsi jus buah juga berbahaya bagi kesehatan Anda dan dapat membuat Anda kekurangan berbagai nutrisi yang Anda perlukan.

 

Ikan Salmon

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa ikan salmon mengandung banyak protein dan asam lemak omega 3 yang baik bagi kesehatan. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ikan yang satu ini juga mengandung logam berat yaitu merkuri? Logam berat ini dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker bila dikonsumsi secara berlebihan.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan di Oregon State University menemukan bahwa mengkonsumsi asam lemak omega 3 secara berlebihan justru dapat menurunkan daya tahan tubuh dan meningkatkan resiko terjadinya radang usus besar (kolitis).

 

Quinoa

Memang benar bahwa quinoa merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak serat sehingga dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Akan tetapi, mengkonsumsi terlalu banyak serat justru dapat menyebabkan kram perut dan menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap berbagai nutrisi penting. Pada kasus yang ekstrim, bila Anda kurang minum air putih, mengkonsumsi banyak serat justru dapat menyebabkan terjadinya sembelit atau bahkan sumbatan usus yang membutuhkan tindakan pembedahan untuk mengatasinya. Selain itu, quinoa juga mengandung banyak kalori, jadi mengkonsumsinya secara berlebihan justru dapat membuat berat badan Anda meningkat.

 

Baca juga: 6 Makanan Sehat yang Justru Buat Berat Badan Anda Meningkat Drastis!

 

Alpukat

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa alpukat merupakan buah yang mengandung lemak. Lemak tidak jenuh tunggal yang terdapat di dalam alpukat sebenarnya merupakan lemak "baik" yang telah diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan dapat menurunkan resiko terjadinya gangguan jantung. Akan tetapi, alpukat sebenarnya juga mengandung banyak kalori. Satu butir alpukat mengandung sekitar 322 kalori. Jadi, bila Anda mengkonsumsinya terlalu banyak, Anda justru dapat mengalami peningkatan berat badan.

 

Minyak Kelapa

Karena minyak kelapa merupakan lemak, maka mengkonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan terjadinya peningkatan berat badan.

 

Kombucha

Kombucha merupakan sejenis teh yang dibuat dari hasil fermentasi antara bakteri, ragi, gula, dan teh. Seperti semua makanan fermentasi lainnya, kombucha dianggap baik bagi kesehatan pencernaan dan bahkan dianggap dapat membantu mencegah terjadinya kanker dan meningkatkan fungsi hati.

Akan tetapi, bila Anda tidak membuatnya sendiri, maka mungkin saja teh yang Anda beli mengandung berbagai bakteri berbahaya. Selain itu, teh yang satu ini juga cukup asam sehingga dapat memicu kambuhnya sakit maag Anda.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: cheatsheet

Eko Siswanto
Mar 07  -  3 min read