Your browser does not support JavaScript!
5 Tanda Bahwa Anda Mungkin Menderita Sklerosis Multipel
5 Tanda Bahwa Anda Mungkin Menderita Sklerosis Multipel

Sklerosis multipel merupakan penyakit peradangan kronik dari sistem saraf pusat (otak dan saraf tulang belakang). Gangguan kesehatan ini terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang lapisan lemak yang sebenarnya berfungsi untuk melindungi serat saraf di dalam otak dan saraf tulang belakang.

Semua orang sebenarnya dapat menderita sklerosis multipel, akan tetapi wanita memiliki resiko 2 kali lebih tinggi dibandingkan pria. Penyakit ini biasanya juga terjadi pada orang yang berusia antara 15-60 tahun.

Resiko Anda untuk menderita sklerosis multipel akan meningkat bila Anda memiliki anggota keluarga yang menderita penyakit yang sama atau gangguan autoimun lainnya. Selain itu, pernah menderita mononukleosis dan merokok juga dapat meningkatkan resiko terjadinya sklerosis multipel.

Pada tahap awal, gejala biasanya hilang timbul, di mana Anda dapat mengalami gejala pada suatu waktu, kemudian tidak mengalami gejala apapun selama beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun. Untuk memastikan Anda mendeteksi gangguan ini sedini mungkin, di bawah ini Anda dapat melihat beberapa gejala sklerosis multipel yang sering ditemukan.

 

Badan Terasa Lemah dan Sangat Lelah

Sekitar 80% penderita yang berada pada stadium awal sklerosis multipel akan mengalami kelemahan otot tanpa penyebab yang jelas, yang biasanya bermula pada kaki. Penderita juga akan mengalami kesemutan atau mati rasa, dan rasa lelah kronik. Rasa lelah ini biasanya terjadi secara mendadak dan dapat berlangsung selama beberapa minggu sebelum akhirnya membaik.

 

Gangguan Penglihatan

Jika penglihatan Anda tampaknya semakin memburuk, maka hal ini mungkin merupakan salah satu gejala sklerosis multipel. Hal ini dikarenakan sklerosis multipel dapat menyebabkan peradangan saraf optik di dalam mata. Segera periksakan diri Anda ke seorang dokter bila mengalami hal ini.

 

Nyeri dan Kram Otot

Penderita sklerosis multipel seringkali mengalami nyeri kaki, kaku otot, atau kram otot yang berlangsung terus-menerus. Wanita yang menderita sklerosis multipel biasanya lebih sering mengalami gejala ini daripada penderita pria.

 

Gangguan Kandung Kemih

Apakah Anda selalu merasa ingin buang air kecil atau bahkan tidak dapat menahan keinginan BAK hingga sampai di toilet? Bila ya, maka Anda mungkin mengalami salah satu gejala sklerosis multipel. Sering BAK, keinginan mendesak untuk BAK, atau tidak dapat menahan keinginan untuk BAK merupakan salah satu gejala sklerosis multipel. Kadangkala penderita juga dapat mengalami disfungsi seksual.

 

Baca juga: Makanan Ternyata Dapat Membantu Mengatasi Gejala Sklerosis Multipel

 

Gangguan Daya Ingat

Karena sklerosis multipel mengenai sistem saraf, maka gangguan berpikir merupakan gejala yang juga cukup sering ditemukan. Penderita mungkin akan mengalami gangguan berbahasa atau gangguan daya ingat, sulit mengatur sesuatu, dan sulit berkonsentrasi dalam waktu lama. Sekitar 5-10% penderita sklerosis multipel akan mengalami gangguan kognitif yang cukup signifikan hingga mengganggu aktivitas sehari-harinya.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

 

Sumber: womenshealthmag

Eko Siswanto
Mar 09  -  3 min read