Your browser does not support JavaScript!
5 Makanan Selain Susu Yang Ternyata Mengandung Banyak Kalsium
5 Makanan Selain Susu yang Ternyata Mengandung Banyak Kalsium

Saat mendengar kata kalsium, Anda mungkin akan langsung teringat dengan susu. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa susu ternyata bukanlah satu-satunya sumber kalsium?

Kalsium sendiri dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsi otot, sekresi hormonal, dan menjaga kesehatan tulang. Jadi, bagi Anda yang sudah bosan dengan susu, di bawah ini Anda dapat melihat beberapa jenis makanan lain yang ternyata juga mengandung banyak kalsium.

 

Kale

Kale merupakan sayuran yang mengandung banyak vitamin, serat, dan antioksidan. Yang menarik adalah bahwa sayuran ini ternyata juga mengandung kalsium lho. Satu cup kale mengandung lebih dari 94 mg kalsium atau sekitar 10% dari kebutuhan harian kalsium orang dewasa.

Mengkonsumsi makanan tinggi kalsium dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, juga dapat menurunkan resiko terjadinya osteoporosis.

 

Buah Ara

Buah ara memang tidak tersedia sepanjang tahun, akan tetapi buah ini ternyata mengandung banyak serat dan prebiotik, yang dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus Anda, yang berarti dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan Anda.

Selain itu, buah ara juga memiliki manfaat lain yang lebih penting yaitu dapat membantu menjaga kesehatan tulang Anda, terutama bila Anda sering mengkonsumsi makanan tinggi natrium (garam). Karena mengkonsumsi makanan asin dapat meningkatkan pengeluaran kalsium melalui air kemih.

 

Baca juga: 5 Manfaat Kalsium Bagi Kesehatan Anda

 

Ikan Sarden

Ikan sarden mungkin bukanlah ikan yang populer, akan tetapi tahukah Anda bahwa ikan ini ternyata mengandung cukup banyak protein, asam lemak omega 3, dan kalsium? Untuk setiap 240 gram ikan sarden, Anda dapat memenuhi sekitar 10-23% kalsium harian Anda, tergantung pada dari mana ikan sarden tersebut berasal.

 

Chia Seeds

Selain mengandung banyak antioksidan, asam lemak sehat, kalium, dan protein; chia seed juga mengandung banyak kalsium, yaitu sekitar 6 kali lipat lebih banyak daripada susu.

 

Edamame

Selain mengandung serat dan semua jenis asam amino esensial, edamame juga mengandung banyak protein dan kalsium. Satu cup edamame mengandung sekitar 33% dari kebutuhan kalsium harian Anda.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: cheatsheet

Eko Siswanto
Jan 23  -  3 min read