Your browser does not support JavaScript!
5 Jenis Tanaman Herbal Yang Dapat Merusak Hati Anda
5 Jenis Tanaman Herbal yang Dapat Merusak Hati Anda

Banyak orang mengira bahwa tanaman herbal lebih aman daripada obat-obatan karena merupakan produk alami. Akan tetapi, seorang ahli gastroenterologi di Amerika mengatakan bahwa hal ini mungkin tidak sepenuhnya benar.

    •    Teh Hijau
Mengkonsumsi teh hijau sebanyak beberapa gelas setiap harinya tidak akan membahayakan kesehatan hati Anda. Akan tetapi, bila Anda mengkonsumsi ekstrak teh hijau, maka Anda mungkin dapat mengalami gangguan hati.
Hal ini dikarenakan ekstrak teh hijau mengandung katekin, yang dapat menyebabkan penurunan kadar glutation, suatu komponen di dalam sel-sel tubuh yang berfungsi untuk melindungi sel dari luka atau cedera.
Mengkonsumsi ekstrak teh hijau dalam jumlah besar dapat menyebabkan seseorang yang memang rentan terhadap gangguan hati menjadi benar-benar mengalami kerusakan hati yang fatal.
Siapakah yang dimaksud dengan orang yang rentan? Para ahli masih tidak mengetahui secara pasti mengapa beberapa orang lebih rentan terhadap gangguan hati daripada orang lain, akan tetapi para ahli menduga hal ini berhubungan dengan faktor genetika dan makanan yang mereka konsumsi serta apakah mereka mengkonsumsi alkohol atau tidak.

    •    Comfrey
Comfrey merupakan suatu tanaman herbal yang mengandung suatu zat racun, pirrolizidine alkaloid yang dapat merusak hati, yang terkadang cukup fatal. Comfrey tidak lagi diperbolehkan untuk dijual di Amerika, kecuali dalam bentuk krim atau salep, yang juga tidak sepenuhnya aman bagi kesehatan penggunanya karena alkaloid beracun ini tetap dapat menumpuk di dalam tubuh.

    •    Kava
Kava dibuat dari akar suatu tanaman, yaitu Piper methysticum, yang dikenal sebagai salah satu komposisi utama dalam minuman seremonial di Oceania, yang ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan cemas dan insomnia.
Akan tetapi, akar tanaman ini ternyata dapat menyebabkan kerusakan hati pada sekitar 100 orang penggunanya, yang membuatnya tidak lagi boleh dijual di beberapa negara termasuk Jerman, Swiss, Perancis, Kanada, dan Inggris.

    •    Skullcap
Skullcap merupakan suatu tanaman herbal yang banyak digunakan oleh orang asli Amerika, suku Indian, untuk mengatasi gangguan cemas, stress, dan insomnia. Chinese skullcap merupakan tanaman berbeda spesies, akan tetapi keduanya diduga dapat menyebabkan kerusakan hati.

    •    Chaparral
Chaparral merupakan suatu ekstrak dari sejenis semak belukar, yang dikenal dengan nama kreosot. Tanaman herbal ini sering digunakan oleh banyak orang untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, mulai dari gangguan kulit ringan hingga kanker.
Salah satu komponen di dalam chaparral yang diduga dapat menyebabkan gangguan hati adalah NDGA. Para ahli menduga orang yang mengalami kerusakan hati setelah mengkonsumsi chaparral adalah akibat dari reaksi alergi atau reaksi imunitas. Kadangkala, reaksi alergi ini sangat berat hingga menyebabkan penderita memerlukan transplantasi hati.

Beberapa gejala gangguan atau cedera hati yang dapat ditemukan adalah merasa lelah, nafsu makan rendah, makanan terasa tidak begitu enak, nyeri di daerah perut kanan atas, jaundice, dan air kemih berwarna gelap.

Baca juga: Memilih Obat Herbal Yang Aman

Sumber: today

Editor Dokter.id
Aug 28  -  3 min read