Your browser does not support JavaScript!
5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Saat Hamil
5 Jenis Olahraga yang Dapat Dilakukan Saat Hamil

Banyak wanita yang tidak berolahraga saat mereka hamil. Mereka makan lebih banyak atau juga mengalami mual muntah berlebihan sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktu di tempat tidur, tetapi bukan artinya seorang wanita hamil tidak boleh berolahraga. Banyak juga mitos mengenai wanita hamil tidak berolahraga. Padahal olahraga mempunyai banyak manfaat untuk wanita hamil.

Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang dapat Anda lakukan saat sedang hamil:
    •    Berenang
Berenang merupakan olahraga yang paling baik dilakukan saat Anda sedang hamil. Saat Anda sedang berenang tubuh Anda mengambang, dan seluruh beban tubuh yang ada dikaki dan punggung Anda menghilang seketika. Anda dapat melatih diri Anda tanpa harus membuat tubuh Anda kelelahan. Jika Anda merasa kelelahan, istirahatkan kaki Anda dan biarkan mengambang.
    •    Berjalan
Atur kecepatan Anda dan berjalanlah sebanyak yang Anda bisa ketika Anda sedang hamil. Tetapi ingat janganlah berjalan terlalu cepat dan membuat diri Anda lelah. Tujuannya adalah untuk melakukan olahraga, bukannya untuk menurunkan berat badan.
    •    Tenis
Permainan ini juga merupakan jenis olahraga yang sangat menyenangkan dilakukan saat Anda hamil. Tetapi jangan lakukan secara kompetitif dan ingatlah Anda sedang hamil sehingga bermainlah dengan aman.
    •    Yoga
Anda memang tidak dapat melakukan semua gerakan dalam yoga, itulah mengapa Anda harus mengikuti prenatal yoga. Ikutilah petunjuk dari instruktur yoga Anda untuk menghindari terjadinya cedera atau gerakan yang dapat membuat janin tidak nyaman.
    •    Jogging
Anda dapat melakukan jogging ringan saat Anda hamil, hanya saja hindarilah perjogging di permukaan yang keras. Anda bisa melakukan jogging ringan di lapangan atau pantai.


Sumber: magforwomen

Eko Siswanto
Jan 21  -  2 min read