Your browser does not support JavaScript!
5 Hal Yang Membuat Anda Bermimpi Aneh
5 Hal yang Membuat Anda Bermimpi Aneh

Bingung mengapa Anda tiba-tiba mengalami mimpi aneh atau bahkan mimpi buruk padahal tidak menonton film horror sebelumnya? Ternyata ada lho beberapa hal yang Anda konsumsi atau lakukan yang membuat Anda cenderung bermimpi aneh seperti di bawah ini.

 

Makan Keju

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa mengkonsumsi keju di malam hari dapat membuat Anda mengalami mimpi aneh. Yang lebih aneh adalah jenis keju yang Anda konsumsi juga menentukan jenis mimpi yang Anda alami.

Saat Anda mengkonsumsi keju cheddar, maka Anda biasanya akan bermimpi tentang selebritis. Sedangkan saat Anda mengkonsumsi keju biru (blue cheese), maka Anda mungkin akan memimpikan banyak hal aneh.

 

Mengkonsumsi Melatonin

 

Suplemen melatonin memang merupakan salah satu suplemen pembantu tidur yang cukup tidur. Akan tetapi, karena suplemen ini akan meningkatkan kuantitas siklus REM saat tidur di malam hari, maka suplemen ini juga dapat menyebabkan mimpi yang sangat buruk. Untuk mencegahnya, dianjurkan agar Anda mengurangi dosisnya.

 

Mengemil Sebelum Tidur

Makan terlalu dekat dengan waktu tidur akan meningkatkan suhu tubuh dan lajut metabolisme tubuh Anda, yang akan meningkatkan aktivitas otak Anda selama siklus REM. Menurut penelitian yang dilakukan oleh the University of Montreal, ada hubungan langsung antara jam berapa Anda terakhir makan dengan mimpi buruk. Jadi, pastikan Anda tidak makan lebih dari jam 9 malam.

 

Baca juga: Berbagai Cara Mengatasi Mimpi Buruk

 

Tertidur Dengan TV Menyala

Karena mimpi Anda juga dapat dipicu oleh suara, maka berbagai dialog TV yang Anda dengar saat tidur juga akan mempengaruhi mimpi Anda. Oleh karena itu, matikan TV, komputer, dan telepon genggam Anda setidaknya 1 jam sebelum tidur.

 

Stress

 

Saat Anda sedang dihadapi oleh banyak masalah, baik dalam pekerjaan atau dalam keluarga, maka otak Anda akan menjadi lebih aktif saat Anda tidur, hal ini berarti bahwa Anda akan lebih sering bermimpi dan mengalami mimpi buruk. Untuk mengatasinya, tariklah napas dalam secara perlahan sebelum tidur dan "tundalah" rasa khawatir Anda hingga pagi hari.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: purewow

Eko Siswanto
Nov 21  -  3 min read