Your browser does not support JavaScript!
4 Hal Yang Dapat Membantu Menenangkan Anda Saat Marah
4 Hal yang Dapat Membantu Menenangkan Anda Saat Marah

Setiap orang pasti pernah merah beberapa kali di sepanjang hidupnya. Akan tetapi, bukan berarti Anda boleh marah di mana saja dan kapan saja. Terlalu banyak menyimpan kemarahan ternyata tidak baik bagi kesehatan Anda secara keseluruhan karena dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung, kecelakaan kerja, dan meningkatkan resiko terjadinya hubungan seks yang tidak aman.

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa sering marah dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung koroner dan memperburuk gangguan jantung yang sudah ada. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu dapat mengendalikan amarah Anda.

Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengendalikan amarah Anda dan hidup lebih lama.

 

Cari Tahu Penyebabnya

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu mengapa Anda merasa marah. Kadangkala apa yang Anda kira membuat Anda marah ternyata bukanlah penyebab sebenarnya. Setelah Anda berhasil menemukan penyebab sebenarnya dari mengapa Anda marah, maka cobalah untuk mengatasi masalah yang sebenarnya. Jangan berpura-pura atau menganggap semuanya baik-baik saja. Anda hanya akan menjadi sebuah bom waktu, yang sewaktu-waktu akan meledak dan hal ini tidak baik, baik bagi kesehatan Anda maupun orang lain.

Kadangkala, kemarahan juga dapat disebabkan oleh rasa sakit hati atau luka batin yang Anda rasakan.

 

Mundur

Saat Anda sedang emosi, maka marah tampaknya merupakan hal termudah untuk Anda lakukan. Akan tetapi, mengendalikan kemarahan Anda dan mundur sejenak dari pertengkaran tersebut dapat membantu Anda berpikir dengan lebih jernih.

Jika memungkinkan segera pergi dari situasi tidak menyenangkan tersebut dan kembalilah setelah Anda merasa lebih baik serta dapat berpikir dengan jernih. Bila tidak, Anda mungkin akan mengucapkan perkataan yang nantinya akan Anda sesali. Berbicara dalam kemarahan dapat sangat membahayakan sebuah hubungan dengan menyebabkan sebuah kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.

 

Baca juga: Bisakah Menebus Waktu Tidur yang Kurang?

 

Belajar Untuk Memaafkan

Tidak mau memaafkan orang lain yang bersalah pada Anda dapat menghancurkan diri Anda sendiri dan membuat kemarahan menumpuk di dalam hati Anda. Hal ini akan membuat Anda merasa tidak bahagia dan tidak dapat menjalani hidup Anda dengan baik. Anda harus melupakan dendam Anda tersebut untuk bisa merasa bahagia dalam kehidupan Anda.

Intinya adalah kecuali bila Anda melupakan, memaafkan diri Anda sendiri, memaafkan situasi yang ada, menyadari bahwa hal itu merupakan masa lalu; maka Anda tidak akan pernah dapat maju dalam hidup.

 

Ikut Konseling

Jika kemarahan Anda telah mencapai suatu titik di mana Anda merasa telah membahayakan diri Anda atau orang lain dalam bahaya, maka segera cari pertolongan medis. Konseling biasanya dapat membantu mengatasi kemarahan Anda yang meluap-luap.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: cheatsheet

Sidik Suprayogi
Jul 18  -  3 min read