Your browser does not support JavaScript!
3 Langkah Kecil Mengurangi Kematian Karena Kanker Payudara
3 Langkah Kecil Mengurangi Kematian karena Kanker Payudara

Kanker payudara termasuk penyakit yang kerap menimpa kaum wanita. Menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam kategori Global Cancer Observatory (2018), kanker payudara menjadi salah satu dari jenis kanker dengan kasus terbanyak di Indonesia. 

Sebagai upaya mengurangi kematian akibat kanker payudara, kaum wanita perlu melakukan deteksi dini kanker payudara, apalagi yang memiliki risiko genetik. Beberapa pemeriksaan dini kanker payudara bisa kamu lakukan di rumah.

Deteksi dini kanker payudara sendiri di rumah:

 

  • Periksa dengan menurun
    Ketika sedang mandi, kamu bisa memeriksa gejala dari kanker payudara. Untuk memeriksanya, kamu bisa meraba seluruh area payudara mulai dari atas ke arah bawah payudara. Kamu bisa menggunakan jari telunjuk, tengah dan jari manis untuk melakukannya. 

  • Lakukan tekanan kecil pada puting
    Untuk memeriksa adanya benjolan yang menjadi salah satu gejala dari kanker payudara adalah dengan melakukan pencetan kecil atau cubitan pada bagian puting. Hal ini untuk memastikan ada atau tidaknya cairan yang keluar dari puting.
     
  • Periksa dengan melingkar
    Cara lain untuk memeriksa gejala payudara adalah dengan meraba payudara secara melingkar. Area ketiak dan tulang selangka menjadi area yang kerap kali ditumbuhi oleh sel kanker. Kamu bisa melakukannya dimulai dari bagian luar dekat ketiak hingga ke tengah puting. Dengan cara ini, kamu bisa menemukan gejala pada kanker payudara, yakni ada benjolan di sekitaran area yang diraba.

    Segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter jika kamu menemukan ada kelainan atau benjolan di payudara. Semakin cepat deteksi dini kanker payudara, semakin besar tingkat penyembuhannya. Semoga bermanfaat, ya!
Edwin Suryana
Oct 01  -  2 min read