Your browser does not support JavaScript!
10 Mitos Mengenai Kehamilan
10 Mitos Mengenai Kehamilan

1.      Kehamilan Berlangsung Selama 9 Bulan
Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2013, lama kehamilan setiap wanita dapat berbeda-beda bahkan hingga 5 minggu. Kapan seorang wanita akan melahirkan tergantun dari usianya, berat badannya, berapa berat badannya saat lahir, dan berbagai faktor lainnya.
 
2.      Berhubungan Seks Saat Hamil Dapat Membahayakan Jiwa Bayi Anda
Pada sebagian besar kasus, berhubungan seks saat hamil biasanya tidak akan mempengaruhi bayi di dalam kandungan Anda. Akan tetapi, terdapat beberapa pengecualian terhadap pernyataan ini, yaitu bila plasenta (ari-ari) terletak di antara leher rahim dan vagina atau bila Anda beresiko tinggi untuk melahirkan secara prematur. Jadi, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum melakukan hubungan seks dengan pasangan jika Anda merasa khawatir.
 
Baca juga: Dampak Depresi Pada Kehamilan Anda
 
3.      Tidak Dapat Melahirkan Secara Normal Setelah Melakukan Operasi Caesar
Walaupun berbagai bukti memang telah menunjukkan bahwa melakukan persalinan normal setelah melakukan operasi Caesar sedikit lebih beresiko daripada kembali melakukan operasi Caesar, akan tetapi beberapa orang wanita tetap dapat melakukan persalinan normal setelah melakukan operasi Caesar asal ia memenuhi beberapa syarat tertentu. Berkonsultasilah dengan dokter Anda mengenai syarat apa saja yang harus dipenuhi.
 
4.      Jenis Kelamin Bayi Mempengaruhi Bentuk Perut Sang Ibu
Pada kenyataannya, tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan seseorang dapat menentukan jenis kelamin bayi berdasarkan pada bentuk perut sang ibu.
 
5.      Bila Ibu Menderita Penyakit Menular Seksual, Maka Bayi Anda Juga
Keadaan ini sebenarnya tergantung pada jenis penyakit menular seksual yang diderita oleh sang ibu. Hal ini dikarenakan beberapa jenis penyakit menular seksual akan masuk ke dalam darah, yang akan menularkan penyakit ini pada bayi melalui plasenta (ari-ari). Sementara itu, beberapa jenis penyakit menular seksual lainnya hanya dapat menginfeksi bayi bila terjadi kontak langsung. Penyakit menular seksual jenis ini biasanya ditularkan pada bayi pada saat proses persalinan (persalinan normal). Jadi, dokter Anda mungkin akan menganjurkan Anda untuk melahirkan melalui operasi Caesar untuk mencegah terjadinya penularan.
 
6.      Tidak Boleh Berlari Saat Hamil
Terdapat berbagai hal yang dapat dilakukan oleh seorang wanita selama ia hamil, tergantung pada apa yang dapat ia lakukan sebelum hamil. Anda bahkan tetap dapat berolahraga saat hamil, akan tetapi pada tingkatan tertentu yang disesuaikan dengan usia kehamilan Anda. Berkonsultasilah dengan dokter Anda mengenai olahraga apa yang boleh Anda lakukan.
 
7.      Saat Bersalin, Berat Badan Anda Akan Langsung Kembali Normal
Seorang wanita biasanya hanya akan mengalami penurunan berat badan sebanyak 5-7.5 kg setelah proses persalinan selesai, walaupun sebagian besar wanita mengalami peningkatan berat badan sebanyak 12.5-17.5 kg saat hamil. Dibutuhkan waktu sekitar 1 tahun atau lebih untuk menurunkan berat badan yang masih tertinggal. Menyusui dapat membantu mempercepat proses penurunan berat badan ini.
 
 
8.      Sang Ibu Makan Untuk Dua Orang
Bayi yang sedang tumbuh di dalam rahim Anda tidak membakar kalori sebanyak yang Anda kira. Jadi, bila Anda telah mengkonsumsi diet sehat dan seimbang, maka Anda hanya perlu menambahkan 1-2 cemilan di sepanjang hari (sekitar 300 kalori tambahan).
 
9.      Setiap Wanita Pasti Dapat Menyusui Bila Mau
Beberapa jenis tindakan pembedahan payudara dapat membuat proses menyusui menjadi lebih sulit. Oleh karena itu, berkonsultasilah dengan dokter Anda mengenai hal ini.
 
10.  Makanan Tertentu dan Seks Dapat Memicu Terjadinya Persalinan
Walaupun mengkonsumsi makanan pedas dan berhubungan seks tidak akan membahayakan jiwa bayi di dalam kandungan Anda, akan tetapi terdapat sedikit bukti bahwa berbagai aktivitas fisik atau makanan tertentu dapat membantu memicu terjadinya persalinan.
 
Sumber: womenshealthmag

Editor Dokter.id
May 15  -  4 min read