Your browser does not support JavaScript!
10 Hal Yang Harus Dibicarakan Sebelum Menikah
10 Hal yang Harus Dibicarakan Sebelum Menikah

Persiapan sebelum menikah merupakan hal yang tak bisa diacuhkan, khususnya ketika membahas tentang masa depan bersama. Hal ini dilakukan untuk memberikan gambaran kehidupan kedua belah pihak kelak.

Banyak pasangan suami-istri yang memutuskan untuk berpisah lantaran adanya perbedaan yang tak dapat ditoleransi. Maka itu, penting sekali untuk mendiskusikan tentang perbedaan tersebut sebelum memutuskan untuk menikah. 

Hal yang harus dibicarakan sebelum menikah

  • Keuangan
    Keuangan merupakan salah satu hal yang wajib dibicarakan sebelum menikah. Kamu harus mengetahui seberapa pendapatan pasangan kamu dan seberapa banyak pengeluaran yang Ia butuhkan tiap bulannya. Tak hanya itu, kamu juga perlu tahu apakah pasangan kamu terjerat dalam masalah hutang piutang atau tidak.

  • Agama dan nilai
    Bagaimana jika kepercayaan kamu dan pasangan kamu berbeda? Hal ini jelas harus menjadi bahan pertimbangan untuk kedua belah pihak. Dilakukan demikian agar menghindari adanya konflik di kemudian hari. 

  • Anak
    Meski mayoritas pasangan suami-istri menginginkan buah hati di dalam hidup mereka, namun tampaknya tak semua orang memiliki keinginan yang sama. Ada sebagian orang yang memilih untuk child-free atau hidup berumah tangga tanpa harus memiliki anak. 

  • Tempat tinggal
    Tempat tinggal juga merupakan hal yang penting untuk dibicarakan sebelum menikah. Apakah kamu akan tinggal bersama orang tua? Atau bahkan tinggal di luar kota atau negeri? Hal tersebut wajib didiskusikan agar tidak ada berat di salah satu pihak saja.

  • Kondisi kesehatan
    Jika kamu ingin memiliki keturunan, ada baiknya untuk melakukan pengecekan kesehatan. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi penyakit bawaan yang mungkin diidap oleh calon pasangan dan guna mengetahui bagaimana cara mengantisipasi penyakit tersebut.

  • Hubungan antar keluarga
    Menikah bukan hanya mempersatukan satu individu dengan individu lain, namun menikah juga menyatukan seluruh keluarga dari kedua belah pihak. Kamu harus mengetahui bagaimana kondisi atau hubungan pasangan kamu dengan keluarganya dan begitupun sebaliknya.
     
  • Ekspektasi seksual
    Tiap orang tentu memiliki keinginan atau ekspektasi seksual yang berbeda. Kamu harus mengenal akan seksualitas masing-masing. Apa ekspektasi kedua belah pihak dalam segi seksualitas. 

  • Bahasa cinta
    Bahasa cinta pun menjadi hal yang penting untuk didiskusikan sebelum menikah. Pada umumnya, Bahasa cinta sendiri terbagi menjadi lima, yakni quality times, receiving gifts, words of affirmation, physical touch, dan act of service. Adanya perbedaan bahasa cinta yang belum pernah didiskusikan jelas akan menjadi sebuah tantangan kelak di kehidupan rumah tangga. 

  • Rahasia
    Rahasia menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk dibicarakan. Kamu perlu mengetahui rahasia yang dimiliki oleh satu sama lain. Rahasia ini bisa berupa seperti trauma, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar tidak adanya kesalahpahaman antara kedua belah pihak dan guna mengerti lebih dalam lagi. 

  • Kemungkinan buruk
    Tidak ada pasangan yang ingin hubungan pernikahannya berakhir, namun tidak ada manusia yang dapat menghendaki hal yang sudah dikehendaki oleh yang maha kuasa. Persoalan perceraian justru menjadi hal yang perlu dibicarakan sebelum menikah.

    Mengapa demikian? Karena perceraian bukanlah tidak mungkin menimpa siapapun. Jadi, kamu perlu bicarakan apabila kemungkinan buruk ini terjadi, dan apa langkah yang kamu dan pasangan kamu akan lakukan dalam mengatasi masalah ini.

    Yuk, bicarakan hal-hal di atas kepada pasanganmu sebelum memutuskan untuk menikah!
Edwin Suryana
Oct 06  -  3 min read