Your browser does not support JavaScript!
Cek Sakit Anda
Dengan menekan button Cek Sekarang maka Anda menyetujui Syarat & Ketentuan serta Kebijakan Privasi.
 
Dokter Indonesia
Selamat pagi dok.
Mengapa pada jam jam 10 pagi saya sering mengantuk dan merasa malas apakah ituu ada hubungan nya dengan limpa yg melemah.? Atau apakah yg menyebabkan kan itu dok.?
Selamat pagi dok
Apakah jika meminum air putih 1 gelas dan 5 menit kemudian saya merasa sesak buang air kecil.
Apakah air yg saya minun tersaring dengan Bagus oleh ginjal.?
Selamat pagi dok
Apa penyebab saya tidak bisa tidur namun sangat mengantuk, saya sudah pejam kan Mata namun tidak bisa juga, dan kepala saya pusing.dok.?
dok, mau tanya, ayah saya sekarang usianya 54 tahun dan mengidap penyakit jantung dan liver, bagaimana penyembuhannya, dan jenis obat apa apakah obat tradisionaal atau dari medis,. mohon bantuannya Dok..!!!!!
Salam Hormat Dokter,
Saya ingin menyampaikan keluhan yang saya alami,
Umur saya 20 tahun,
Yang pertama ; Kenapa belakangan ini, ketika saya mendapatkan asupan makanan selalu saja takut akan makanan yang terganjal di tenggorokan, padahal sebenarnya itu tidak terjadi, kadang juga pernah tapi hanya terganjal makanan yang tergolong ringan.
Dengan kejadian itu, ketika makan saya kurang nyaman. Bisa menimbulkan reflek muntah (sekedar ongke'k).

Yang kedua : Dari ssemenjak saya duduk di SD, saya alami yang namanya "ambekkan" , jadi jika menghirup nafas dengan tempo agak panjang sampai klimaks. istilahnya hingga sekarang.

Saya memiliki riwayat Hidung Sinus/Polip, dan Magh .
22 Jun 2017 11:00 WIB
Kulit mulus adalah kulit yang diidamkan semua wanita dan sekarang juga menjadi perhatian para pria. Salah satu masalah kulit yang sebenarnya sering dirasakan dan menganggu adalah jerawat, masalahnya jerawat tidak hanya timbul di wajah tetapi di bagian punggung dan daerah bokong. Daerah tersebut sering berjerawat karena merupakan bagian tubuh yang jarang dibersihkan, sehingga terjadi penumpukan sel kulit mati dan mempercepat timbul jerawat. Nah untuk Anda yang mungkin mengalami jerawat di bokong, di bawah ini adalah ulasan bagaimana cara mengatasinya. Berikut cara mengatasi jerawat di bokong: 1.      Gunakan sabun benzoil peroksida Untuk mengatasi benjolan jerawat, maka Anda bisa menggunakan sabun yang mengandung dengan benzoil peroksida. Bahan untuk membantu mengempiskan jerawat dan dan mengelupas sel kulit mati yang menyumbat folikel rambut. 2.      Bersihkan pori-pori kulit yang tersumbat dengan asam salisilat Ingin daerah bokong mulus tanpa benjolan jerawat? Anda bisa menggunakan asam salisilat yang akan membantu membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat. Asam salisilat dapat digunakan untuk mengobati jerawat, komedo, serta untuk mengurangi produksi minyak yang berlebih di bagian wajah. Namun karena bahan asam salisilat cukup keras sehingga jangan digunakan setiap hari karena nanti akan membuat kulit menjadi kering. 3.      Gunakan Losion yang mengandung asam laktat Asam laktat akan membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan membantu Anda menyingkirkan benjolan jerawat yang terasa menganggu. Asam laktat juga membantu menutup pori-pori kulit yang membesar karena penumpukan komedo. 4.      Selalu mandi setelah berolahraga Saat Anda selesai berolahraga maka tubuh Anda akan berkeringat. Keringat bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri akan mempercepat timbulnya jerawat, oleh karena itu biasakan untuk mandi setelah Anda berolahraga. Untuk membersihkan kulit Anda. Asam salisilat dapat digunakan untuk mengobati jerawat, komedo, serta untuk mengurangi produksi minyak yang berlebih di bagian wajah. 5.      Gunakan pakaian yang sesuai Maksud disini adalah saat Anda melakukan aktivitas gunakan pakaian yang sesuai. Dimana misal Anda berolahraga karena biasanya berolahraga akan membuat tubuh berkeringat maka gunakan pakaian khusus olaharaga yang akan membantu menyerap keringat. Lakukan cara diatas dengan teratur akan membantu menjaga kulit Anda dan bebas dari masalah jerawat di bokong yang mengganggu. Baca juga: Jauhi Makanan Ini Kalau Tidak Ingin Jerawatan Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang Sumber: womenshealthmag
22 Jun 2017 08:00 WIB
Seorang wanita yang sedang hamil biasanya akan mengalami peningkatan berat badan yang signifikan, bahkan bisa sampai 20 kg. Hal ini adalah hal yang biasa, tapi biasanya para wanita akan merasa mulai kebingungan setelah selesai melahirkan, terlebih bila ternyata setelah melahirkan berat badan hanya berkurang sedikit. Nah untuk para ibu muda jangan merasa khawatir, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan kembali berat badan Anda dan mendapat badan ideal Anda kembali. Berikut adalah caranya: Diet yang tepat Untuk menurunkan berat badan, maka Anda harus membakar kalori lebih banyak dari makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Untuk menurunkan berat badan Anda sekitar ½ kg dalam seminggu maka Anda harus mengurangi asupan sekitar 500 kalori. Fokus pada makanan produk susu rendah lemak, protein tanpa lemak, biji-bijian, buah-buahan, sayuran. Mengurangi atau menghilangkan makanan seperti minuman ringan, makanan siap saji dan makanan yang digoreng, yang tinggi kalori dan lemak. Selain itu, Anda harus minum setidaknya 8 gelas air sehari untuk membantu membuang lemak Anda dan  menurunkan berat badan. Olahraga Lakukan selama 30-40 menit, olahraga kardio yang difokuskan pada daerah paling banyak lemak berada usahakan untuk melakukannya 5 kali dalam sehari. Seperti contoh Anda bisa mencoba untuk bersepeda, jogging atau jalan-jalan dengan bayi kesayangan Anda. Latihan kekuatan Latihan kekuatan akan membantu mengecilkan bagian tubuh yang cepat menggelambir karena kenaikan berat badan misal daerah lengan. Lakukan setidaknya 2 kali dalam seminggu. Latihan kekuatan akan membantu membakar lemak. Hal ini dikarenakan latihan kekuatan akan meingkatkan tingkat metabolisme. Yang akan membuat otot Anda menjadi lebih kuat dan memberi tampilan yang lebih baik. Untuk  hasil terbaik maka lakukan tersebut dikombinasikan dengan lunges, step-up dan squat. Jangan lupa juga untuk melakukan latihan otot perut Anda dan tubuh bagian atas sebagai bagian dari latihan kekuatan yang rutin.. Cara diatas akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan tapi tunggulah setidaknya enam minggu setelah melahirkan sebelum Anda mencoba untuk menurunkan berat badan. Bila Anda melakukannya terlalu cepat maka dapat merusak kesehatan Anda dan menganggu proses pemulihan. Sabar, berat badan Anda meningkat dalam waktu 6 bulan, maka tidak perlu terlalu cepat untuk menurunkannya kembali. Selain itu Anda masih masa menyusui sehingga masih harus memperhatikan asupan nutrisi yang Anda konsumsi. Tubuh Anda membutuhkan jumlah kalori yang cukup setiap hari untuk menjaga pasokan ASI. Jika Anda kehilangan berat badan terlalu cepat, tubuh akan menghasilkan lebih sedikit susu. Untuk mencegah hal ini, jangan sampai kehilangan lebih 1 kg setiap minggunya. Baca juga: Cara Meringankan Hidung Mampet Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang Sumber: livestrong
21 Jun 2017 18:00 WIB
Masyarakat umumnya lebih banyak mengetahui dan mengenal kekerasan dalam rumah tangga pada wanita, akan tetapi kekerasan rumah tangga juga dapat terjadi pada pria. Seperti halnya pada wanita, kekerasan pada pria dapat mencakup kekerasan fisik, emosional, seksual, dan ancaman. Kekerasan pada pria dan wanita dapat terjadi baik pada pasangan heteroseksual, homoseksual, lesbian, maupun biseksual. Mengetahui kekerasan yang terjadi dalam suatu hubungan tidaklah mudah, baik pada wanita maupun pria. Pasangan anda mungkin memulainya dengan bersikap posesif yang lama-kelamaan membuat anda terisolasi dan mengontrol kehidupan anda. Mengenal tanda kekerasan dalam rumah tangga anda dan bagaimana cara terlepas dari situasi tersebut merupakan hal yang penting anda ketahui.   Apa Itu Kekerasan Dalam Rumah Tangga ? Kekerasan dalam rumah tangga merupakan tindakan kekerasan yang dilakukan oleh pasangan anda, yang biasanya terjadi dalam berbagai bentuk, mulai dari kekerasan emosional, seksual, fisik, dan mengancam. Walaupun pria juga dapat mengalami tindakan kekerasan dalam rumah tangga, akan tetapi hal ini lebih sering terjadi pada wanita. Kekerasan ini dapat terjadi pada pasangan heteroseksual maupun pasangan homoseksual dan lesbian. Pada awalnya, anda mungkin tidak menyadari kekerasan dalam hubungan anda dan pasangan. Kekerasan biasanya tidak kentara pada awalnya dan semakin memburuk seiring dengan berlalunya waktu. Bila pasangan anda melakukan beberapa hal di bawah ini, maka anda mungkin mengalami kekerasan dalam rumah tangga anda, yaitu: Menghina atau meremehkan anda Melarang anda bekerja atau pergi ke sekolah Melarang anda menemui anggota keluarga lainnya atau teman-teman anda Berusaha untuk mengatur seluruh aspek kehidupan anda, seperti bagaimana anda memakai uang anda, ke mana anda pergi, obat-obatan yang anda gunakan, dan bahkan mengatur pakaian yang anda kenakan Cemburu berlebihan atau perilaku posesif atau terus menuduh anda berselingkuh Mengkonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang dan mudah marah karenanya Mengancam anda dengan kekerasan atau menggunakan senjata tertentu Memukul, menendang, mendorong, menampar, mencekik, atau berbagai tindakan lainnya yang menyakiti anda, anak anda, atau bahkan hewan peliharaan anda Memaksa anda untuk berhubungan seksual di luar kemauan anda Menyalahkan anda atas semua tindakan kekerasan yang terjadi pada anda Mengatakan bahwa anda pantas mendapat perlakuan kasar atau kekerasan tersebut Mengatakan bahwa tindakan kekerasan yang terjadi merupakan keinginan anda dan menguntungkan bagi anda Bila anda merupakan penyuka sesama jenis (lesbian, homoseksual, biseksual, atau transgender), maka anda mungkin mengalami kekerasan bila pasangan anda: Mengancam akan memberitahu keluarga, teman-teman, atau anggota masyarakat lainnya bahwa anda merupakan penyuka sesama jenis Mengatakan pada anda bahwa anda tidak akan mendapatkan pertolongan karena anda merupakan penyuka sesama jenis Mengatakan pada anda bahwa anda mengakui bahwa perilaku anda (menyukai sesama jenis) menyimpang bila anda meninggalkannya Membenarkan tindakan kekerasannya terhadap anda karena pasangan anda merasa bahwa anda tidak benar-benar lesbian, homoseksual, biseksual, atau transgender Kadang-kadang, kekerasan dalam rumah tangga dimulai atau meningkat saat dan selama anda hamil. Anak yang pernah atau telah menyaksikan tindakan kekerasan pada orang tuanya cenderung tumbuh menjadi anak dengan gangguan perilaku dan juga menyiksa orang lain saat dewasa. Beberapa anak bahkan berpikir bahwa kekerasan dalam suatu hubungan merupakan suatu hal yang normal. Jika anda berada dalam situasi di atas, biasanya anda akan mengalami hal ini, yaitu pasangan anda akan mengancam anda, kemudian menyiksa anda, lalu minta maaf dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi, bahkan memberikan anda hadiah. Hal ini akan terus berulang dan kekerasan bahkan menjadi lebih berat dan sering seiring dengan berlalunya waktu. Semakin lama anda berada dalam hubungan ini, maka hal ini akan semakin mempengaruhi rasa percaya diri anda, anda akan menjadi depresi dan cemas. Anda bahkan dapat mulai meragukan kemampuan anda untuk mengurus diri anda sendiri dan mulai berpikir bahwa tindakan kekerasan yang anda alami merupakan akibat dari kesalahan anda.   Bagaimana Cara Keluar dari Hubungan Penuh Kekerasan ? Langkah awal yang dapat anda lakukan adalah beritukanlah pada orang lain yang anda percayai bahwa anda mengalami kekerasan dalam hubungan atau rumah tangga anda. Pada awalnya, anda mungkin merasa sulit untuk membicarakan atau memberitahu orang lain mengenai tindakan kekerasan yang anda alami. Melepaskan diri dari pasangan yang suka menyiksa anda mungkin akan sangat sulit dan berbahaya. Di bawah ini terdapat beberapa persiapan yang sebaiknya anda lakukan: Bila memungkinkan, hubungi lembaga-lembaga atau rumah penampungan bagi wanita maupun pria yang mengalami kekerasan Persiapkan sebuah tas yang berisi berbagai perlengkapan yang anda perlukan saat pergi meninggalkan rumah dan pasangan anda, seperti uang, pakaian, dan berbagai kebutuhan lainnya. Simpan di tempat tersembunyi Pastikan bahwa anda tahu ke mana anda akan pergi dan bagaimana cara anda mencapai tempat tersebut Pasangan anda bahkan mungkin menggunakan kemajuan teknologi untuk mengawasi setiap telepon atau lokasi anda. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah: Hati-hati saat menggunakan telepon karena pasangan anda mungkin melakukan berbagai pengecekan terhadap telepon anda Jangan gunakan komputer di rumah anda untuk mencari berbagai informasi yang anda perlukan Gantilah kata kunci email atau hal lainnya sesering mungkin. Pilihlah kata kunci yang tidak mungkin diketahui oleh pasangan anda Hubungi polisi atau seseorang yang anda percayai untuk mencari bantuan   Sumber: mayoclinic  
21 Jun 2017 15:00 WIB
Kapan terakhir kali Anda memasak bagi pasangan Anda atau memberikannya sebuah kejutan kecil hanya karena Anda menginginkannya? Anda mungkin mengira bahwa hal ini merupakan hal yang tidak penting, akan tetapi dalam sebuah hubungan asmara, hal kecil dan tampak tidak penting ini justru cukup penting. Pada sebuah penelitian baru, seseorang merasa paling dihargai oleh pasangannya saat pasangannya tersebut menunjukkan kasih sayangnnya melalui berbagai hal-hal kecil dan sederhana. Setelah melakukan survei pada sekitar 5.000 orang di Inggris, para peneliti dari The Open University menemukan bahwa berbagai hal kecil dan sederhana seperti mengucapkan terima kasih, mencuci piring, atau mendengarkan cerita pasangan justru lebih bermakna dalam sebuah hubungan asmara. Jadi, walaupun Anda sering mengatakan 3 kata di atas pada pasangan Anda, akan tetapi untuk menjaga hubungan asmara Anda tetap langgeng Anda juga perlu melakukan berbagai tindakan non verbal untuk menunjukkan rasa cinta Anda. Hal ini tidak selalu harus merupakan sesuatu yang besar atau luar biasa. Di bawah ini terdapat beberapa hal kecil yang dapat menunjukkan rasa cinta Anda pada si dia, yaitu: Menyelipkan surat cinta pada pakaian atau tas si dia Membagi makanan Anda Memuji si dia saat Anda tahu si dia sedang mendengarkan Puji penampilan barunya Menanyakan pendapat si dia dan benar-benar melakukan hal yang disarankannya tersebut Beritahu dan puji si dia saat ia terlihat menakjubkan Bantu mereka melakukan berbagai pekerjaan rumah tangga yang tidak disukainya seperti mengurus pajak atau mencuci baju Bangun lebih pagi untuk membuatkannya sarapan Berikan mereka kejutan Bela mereka saat mereka berdebat dengan orang lain Cium atau kirim pesan singkat untuk mengucapkan selamat tidur   Baca juga: 7 Hal yang Dicari Seorang Pria Pada Seorang Wanita   Sumber: womenshealthmag
21 Jun 2017 12:00 WIB
Selamat datang bulan suci Ramadhan! Bulan yang dinantikan oleh semua umat Muslim. Semua umat Muslim menjalankan ibadah puasa dengan hati yang bahagia, dimana mereka menantikan sebuah kemenangan. Saat berpuasa, selama 14 jam Anda tidak mendapat asupan cairan, salah satu masalah yang bisa sering terjadi adalah masalah bau mulut karena bakteri mungkin sekali berkembang di dalam mulut karena mulut kita kekurangan cairan. Bau mulut adalah hal yang sangat mengganggu, bukan hanya untuk Anda tetapi juga orang sekitar Anda. Hal ini tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman bukan? Jangan sampai percaya diri Anda turun saat berpuasa karena masalah bau mulut. Untuk mengatasinya maka Anda bisa menyimak ulasan dibawah ini Berikut tips untuk mengatasi bau mulut: Sikat gigi Untuk menjaga kebersihan dan mencegah bau mulut maka Anda harus sikat gigi. Setelah Anda menyantap menu Sahur Anda, maka Anda harus sikat gigi karena kotoran yang tertinggal dalam mulut adalah medium yang sangat cocok bagi perkembangan kuman dan bakteri yang membuat mulut menjadi bau. Sikat gigi dengan baik, tidak perlu terburu-buru. Bila perlu Anda bisa menggunakan mouthwash yang tidak mengandung alkohol agar mulut Anda tidak kering. Selain itu bersihkan lidah Anda karena lidah juga merupakan tempat menempelnya bakteri. Minum banyak air putih Agar tubuh tidak dehidrasi maka Anda perlu menjaga asupan cairan dengan baik, meski berpuasa asupan cairan Anda jangan berkurang. Minum minimal 8 gelas sehari. 2 gelas saat berbuka dan sahur dan malam hari minum 4 gelas. Hindari makan makanan yang berbau tajam Untuk menjaga agar tidak terjadi bau mulut adalah dengan menghindari konsumsi makanan yang berbau tajam misal adalah petai, jengkol dan duren. Terutama setelah Sahur usahakan untuk jangan makan makanan seperti itu Perbanyak makan sayur dan buah-buahan Konsumsi sayur dan buah akan membantu menjaga agar mulut tidak bau. Dimana sayur dan buah akan membantu mengontrol kadar keasaman darah serta mempertahankan tubuh pada pH basa. Selain itu buah yang banyak mengandung air akan membantu menjaga tubuh agar tidak mudah dehidrasi Hindari merokok Bau rokok akibat merokok bisa tertahan lama di mulut Anda, sehingga bila Anda tidak ingin mengalami bau mulut. Maka hindarilah merokok terutama setelah Sahur. Tips diatas akan membantu menjaga agar mulut Anda tidak bau dan semoga bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa. Baca juga: Makanan Pembuat Segar Saat Puasa Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang Sumber: medindia
21 Jun 2017 11:00 WIB
Perubahan cuaca yang terjadi, sebentar panas, sebentar dingin bisa mempengaruhi kulit. Selain itu kebiasaan tidak merawat kulit juga bisa merusak kulit Anda. Salah satu masalah kulit yang sering mengganggu adalah masalah kulit kering. Dimana bedak jadi susah menempel, pecah-pecah bahkan sampai terasa perih bila terlalu lama dibiarkan. Untuk membantu mengatasi kulit kering maka diperlukan perawatan misal dari cara mencuci wajah, hindari menggunakan air terlalu panas, kemudian setelahnya jangan mengosok wajah terlalu keras dengan handuk. Selalu gunakan pelembab. Hindari penggunaan pembersih wajah atau toner yang berbahan dasar keras atau mengandung alkohol. Selain perawatan dari luar, diperlukan juga perawatan dari dalam yaitu makanan yang Anda makan. Makanan yang Anda makan akan sangat berpengaruh pada regenerasi kulit. Untuk menjaga kulit sehat dari dalam ke luar, berikut adalah makanan super untuk kulit super kering Anda: Susu dan madu Menuai keuntungan dari kedua makanan ini dalam satu botol. Kandungan lemak dan asam laktat dalam susu sangat menenangkan kulit yang teriritasi saat dioleskan. Anda bisa melakukan kompres kulit dengan susu dingin, caranya merendam kain dalam semangkuk susu dingin dan letakkan  kulit yang teriritasi. Selain itu bila ingin lebih efektif. Anda bisa mencampurnya dengan madu. Madu tidak hanya bersifat humectant yang berarti menarik dan mempertahankan kelembaban, tetapi memiliki sifat antibakteri dan antijamur membantu flora normal baik yang bertahan di kulit Anda. Minyak kelapa Selain menjadi alami pelembab, minyak kelapa juga menawarkan sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus, sehingga tidak hanya cocok untuk kulit kering namun juga cukup lembut untuk kulit berjerawat. Minyak zaitun Apabila Anda rajin mengonsumsi minyak zaitun maka akan membantu menunda terjadinya kemunculan tanda-tanda penuaan dini seperti bintik hitam, keriput. Hal ini dikarenakan kandungan polifenol, jenis senyawa tanaman dengan sifat antioksidan. Yang akan membantu melembabkan kulit. Kedelai Kedelai, dapat digunakan secara topikal (oles) atau dikonsumsi, kedelai meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah kolagen penurunan jumlah kolagen. Teh hijau Teh hijau melindungi kulit terhadap sinar UV baik bila digunakan secara topikal dan ketika diseduh untuk minum, Krim yang mengandung teh hijau juga efektif untuk mengatasi  rosacea, jerawat, dan eksim. Selain membiasakan diri konsumsi ke 5 makanan super diatas ada baiknya Anda juga mengurangi konsumsi junkfood, minuman bersoda, merokok dan minum alkohol yang semua hal tersebut tidak baik untuk kulit. Baca juga: Perawatan Mata Untuk Pengguna Kacamata Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang Sumber: prevention